Show simple item record

dc.contributor.authorLUDFI MIDA ARYATI
dc.date.accessioned2013-12-05T13:56:55Z
dc.date.available2013-12-05T13:56:55Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM100210274035
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5242
dc.description.abstractSelama ini masih banyak dijumpai pembelajaran matematika yang sifatnya verbal dan prosedural. Dalam pembelajaran siswa nampak pasif dan menerima pengetahuan sesuai yang diberikan guru. Hal ini berdampak pada lemahnya siswa dalam memahami konsep-konsep dasar matematika. Salah satu Pembelajaran kooperatif yang menekankan pada kerjasama kelompok adalah TGT sebagai alternative bagi guru yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Memaparkan proses pembelajaran TGT dengan pokok bahasan mengenal Nilai tempat lebih mudah di terima oleh siswa Kelas I SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember (2) Meningkatkan Kemampuan mengenal lebih dalam mengenal Nilai tempat siswa Kelas I SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kaliwining 07 dengan subyek penelitian siswa kelas I yang terurai dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. siswa ( Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase aktivitas p ) = 70,61% yang tergolong cukup aktif dan persentase ketuntasan a belajar sebesar 81,25% yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dalam hal ini persentase aktivitas belum mencapai 75% dan persentase ketuntasan hasil belajar belum mencapai 70%, sehingga perlu dilakukan perbaikan langkah-langkah pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II didapat rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar ( p ) = 75% yang tergolong aktif dan persentase ketuntasan belajar hasil belajar sebesar 93,75% yang tergolong telah a mencapai kentuntasan belajar secara klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas I SDN Kaliwining 07 Rambipuji. Saran bagi guru yang mengajarkan pelajaran Matematika di SD, hasil penelitian meningkatkan kemampuan menentukan nilai tempat melalui pembelajaran TGT dan LKS sebaiknya dapat dijadikan metode pembelajaran matematika pada pokok bahasan nilai tempat selanjutnya karena telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan Menentukan nilai tempat .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274035;
dc.subjectHasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif TGT, Hasil belajaren_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT ( TGT ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN NILAI TEMPAT BAGI SISWA KELAS I SDN KALIWINING 07 RAMBIPUJI JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record