dc.contributor.author | JUMALA DWI LUCIYANTI | |
dc.date.accessioned | 2013-12-05T13:42:35Z | |
dc.date.available | 2013-12-05T13:42:35Z | |
dc.date.issued | 2013-12-05 | |
dc.identifier.nim | NIM100210274013 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5235 | |
dc.description.abstract | Dari hasil pengamatan yang telah dilaksanakan di SD NEGERI AJUNG
03 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember dapat diketahui beberapa permasalahan
yang timbul pada mata pelajaran IPA. Adapun rincian dari permasalahan yang
timbul antara lain: (1) nilai rata- rata siswa berdasarkan dari ulangan harian dan
formatif hanya mencapai 50%. Nilai rata- rata tersebut masih dibawah standar
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 60%; (2) guru cenderung masih
mendominasi dalam kegiatan pembelajaran; (3) siswa kurang diberikan
kesempatan untuk mengalami dan memperoleh sendiri pengetahuan yang di dapat
sehingga siswa menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran. Adapun penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki siswa dengan jalan
meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
model Penelitian Spiral (adaptasi dari Hopkins) yang terdiri dari 2 siklus dan 4
tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi,
dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD NEGERI
AJUNG 03 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember yang terdiri dari 50 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar
siswa. Indikasi adanya dampak yang baik terhadap hasil belajar siswa adalah
adanya kenaikan rata- rata skor nilai pretes yang hanya mencapai 57% sedangkan
nilai rata- rata postes sudah meningkat menjadi 83% . Selain itu, dampak tersebut
dapat dilihat dari hasil nilai formatif pada siklus I mencapai 71% meningkat
menjadi 82% pada siklus II serta semakin berkurangnya dominasi guru dalam
kegiatan pembelajaran dikelas. Untuk dampak terhadap peningkatan hasil belajar
siswa dapat dilihat dari semakin meningkatnya berbagai komponen hasil belajar
siswa mulai dari komponen kerjasama, mengeluarkan pendapat, dan bertanya
menunjukkan adanya peningkatan yang cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian
di atas hendaknya guru senantiasa dapat menggunakan metode eksperimen yang
terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD NEGERI
AJUNG 03 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 100210274013; | |
dc.subject | Metode Eksperimen, Hasil Belajar, IPA | en_US |
dc.title | PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN POKOK BAHASAN ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN AJUNG 03 KEC. AJUNG KAB. JEMBER | en_US |
dc.type | Other | en_US |