Show simple item record

dc.contributor.authorJaroh Agus Winarni
dc.date.accessioned2013-12-05T13:40:19Z
dc.date.available2013-12-05T13:40:19Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM100210274069
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5233
dc.description.abstractKenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas mata pelajaran IPA masih rendah dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas mata pelajaran yang lain. Kegiatan belajar mengajar masih belum sesuai harapan. Alat peraga dan sumber belajar terbatas. Proses pembelajaran IPA belum pernah menggunakan pendekatan keterampilan proses. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa menggunakan pendekatan keterampilan proses pada mata pelajaran IPA materi energi dan kegunaannya kelas II SDN Bangsalsari 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012, 2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan keterampilan proses pada mata pelajaran IPA materi energi dan kegunaannya kelas II SDN Bangsalsari 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan di SDN Bangsalsari 01 Jember kelas II.B yang terdiri dari 33 siswa, 16 siswa laki-laki, dan 17 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknis analisis data adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data dilakukan tanggal 23 Pebruari 2012 dengan subyek penelitian siswa kelas II.B SDN Bangsalsari 01 Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPA materi energi dan kegunaannya dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses adalah pada siklus I 62,94 % dan siklus II 75,96 %. Jadi ada peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 13,02 %. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 69,70 %, pada siklus II naik menjadi 75,76 %. Terdapat peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 6,06 %. Kesimpulan dari penelitian yang menggunakan pendekatan keterampilan proses ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi energi dan kegunaannya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274069;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar, Pendekatan Keterampilan Prosesen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ENERGI DAN KEGUNAANNYA KELAS II SDN BANGSALSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record