dc.description.abstract | Komponen penting untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia adalah
usaha memberdayakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara
mahasiswa yang diterima melalui:
viii
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar
antara mahasiswa jalur PMDK angkatan 2009 dengan mahasiswa jalur SNMPTN
angkatan 2009. Terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang diterima
melalui jalur PMDK angkatan 2009 dengan mahasiswa jalur UM-UNEJ angkatan
2009. Tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa jalur SNMPTN
angkatan 2009 dengan mahasiswa jalur UM-UNEJ angkatn 2009. Terdapat perbedaan
hasil belajar antara mahasiswa jalur PMDK angkatan 2010 dengan mahasiswa jalur
SNMPTN angkatan 2010. Terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa jalur
PMDK angkatan 2010 dengan mahasiswa jalur UM-UNEJ angkatan 2010. Tidak
terdapat perbedaan hasil belajar antara hasil belajar antara mahasiswa jalur SNMPTN
dengan mahasiswa jalur UM-UNEJ angkatan 2010. Terdapat perbedaan hasil belajar
antara mahasiswa jalur PMDK angkatan 2011 dengan mahasiswa jalur SNMPTN
angkatan 2011. Terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa jalur PMDK
angkatan 2011 dengan mahasiswa jalur UM-UNEJ angkatan 2011. Terdapat
perbedaan hasil belajar antara mahasiswa jalur SNMPTN angkatan 2011 dengan
mahasiswa jalur UM-UNEJ angkatan 2011. Faktor yang dominan mempengaruhi
perbedaan hasil belajar mahasiswa jalur PMDK adalah faktor motivasi sebesar
17,71%, faktor lingkungan keluarga sebesar 19,51%, dan faktor intelegensi sebesar
19,99%. Faktor yang dominan mempengaruhi perbedaan hasil belajar mahasiswa
jalur SNMPTN adalah faktor motivasi sebesar 17,34% pada angkatan 2009, 16,98%
pada angkatan 2010, dan faktor intelegensi sebesar 17,9%. Faktor yang dominan
mempengaruhi perbedaan hasil belajar mahasiswa jalur UM-UNEJ adalah faktor
intelegensi pada angkatan 2009 sebesar 21,93%, faktor motivasi pada angkatan 2010
sebesar 17,25%, dan faktor motivasi pada angkatan 2011 sebesar 16,73%.
Saran yang bisa diberikan hendaknya mahasiswa lebih meningkatkan hasil
belajarnya dan memperhatikan faktor – faktor yang dapat menyebabkan perbedaan
hasil belajar. | en_US |