dc.description.abstract | Observasi awal menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA siswa Kelas IV
SDN Wringinagung 03 masih rendah. Metode yang digunakan oleh guru masih kurang
bervariasi yaitu ceramah dan penugasan dari segi media pembelajaran guru jarang
menggunakan media, padahal penggunaan suatu media dalam pelaksanaan pengajaran akan
membantu kelancaran, efektivitas, dan efisiensi pencapaian tujuan pembelajaran. Selain itu
dalam proses pembelajaran siswa jarang mendapatkan kesempatan untuk terlibat aktif dalam
proses pembelajaran mereka hanya mendengarkan penjelasan guru sehingga membuat siswa
pasif dalam belajar hal ini menyebabkan hasil belajar IPA rendah. Siswa belajar aktif ketika
mereka secara terus menerus terlibat secara mental dan fisik, dampak dari pembelajaran aktif
adalah penuh semangat, hidup, giat, berkesinambungan, kuat, efektif. Dalam pembelajaran
aktif siswa benar-benar ikut terlibat dan menjadi bagian dalam proses pembelajaran.
Pembelajaran menggunakan metode picture and picture dengan media visual merupakan
salah satu alternatif untuk menciptakan pembelajaran IPA yang aktif. Pembelajaran
menggunakan metode Picture and Picture dilakukan dengan cara memperlihatkan gambargambar
yang sesuai dengan materi pembelajaran, kemudian guru menunjuk siswa secara
bergantian untuk mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis. Dengan cara
pembelajaran seperti ini memberikan pengalaman langsung kepada siswa dan siswa aktif
mengikuti pembelajaran serta merasa terlibat dan menjadi bagian dari proses pembelajaran.
Bedasarkan alasan yang telah dikemukakan, peneliti mengangkat permasalahan;
bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan Perubahan
lingkungan Fisik dan Prosesnya dengan menggunakan Metode Picture and picture dan media
visual pada siswa kelas IV SDN wringinagung 03? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Wringinagung 03 pada mata pelajaran
IPA pokok bahasan Perubahan Lingkungan Fisik dan Prosesnya.
Desain penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan
menggunakan siklus Hopkins. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN
Wringinagung 03. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 02 Februari 2012 sampai tanggal 20
Februari 2012.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi,
wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif .
Subyek penelitian adalah kelas IV SDN Wringinagung 03 dengan jumlah siswa 35 terdiri
dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran
menggunakan metode Picture and Picture dan media visual sangat baik, pelaksanaan disetiap
siklusnya menunjukkan peningkatan. Pada siklus I persentase rata-rata aktivitas siwa sebesar
70,6% meningkat menjadi 81,5% pada siklus II. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa
juga mengalami peningkatan dari tahap prasiklus sampai siklus II. Pada pra siklus ketuntasan
hasil belajar siswa secara klasikal 28,5% meningkata pada siklus I menjadi 71,3% dan pada
siklus II menjadi 94,2%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Picture and Picture dan
media visual dapat menkingkatakan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan Perubahan
Lingkungan Fisik dan prosesnya pada siswa kelas IV SDN Wringinagung 03 pada tahun
pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran, bagi guru :
penerapan metode Picture and Picture dapat dijadikan salah satu alternatif dalam
pembelajaran IPA sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi
sekolah, hasil penelitian tentang metode Picture and picture dapat digunakan sebagai sarana
informasi alternative metode pembelajaran IPA yang efektif guna meningkatkan mutu
pendidikan. Bagi peneliti lain, perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut mengenai metode
Picture and Picture dan media visual serta mengkombinasikan dengan metode lain agar
tujuan pembelajaran tercapai. | en_US |