Show simple item record

dc.contributor.authorMOH. FATHUR ROZI
dc.date.accessioned2013-12-05T13:13:59Z
dc.date.available2013-12-05T13:13:59Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM070210302090
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5217
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 26-30 Januari 2013 yang dilakukan di SMA Nuris Jember, dapat diketahui pembelajaran sejarah di SMA Nuris Jember, khususnya kelas X-A masih belum mencapai hasil yang memuaskan, hal ini dikarenakan beberapa faktor dan faktor yang paling menentukan adalah penggunaan metode pembelajaran yang belum maksimal dan bervariasi sehingga aktivitas dan hasil Belajar rendah dikarenakan kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Dari latar belakang tersebut dapat dikemukakan rumusan masalah yaitu ” (1)Apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournamen (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Sejarah siswa kelas X-A semester Genap SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2012-2013, (2) Apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Tipe Team Game Tournamen (TGT) kelas X-A semester Genap SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2012-2013 dapat Meningkatkan hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-A SMA Nuris Jember dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT )pada pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah metode pembelajaran kooperatif tipe Tipe Team Game Tournamen (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar sejarah kelas X-A semester Genap SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2012-2013. (2) Meningkatkan hasil belajar sejarah melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Tipe Team Game Tournamen (TGT) kelas X-A semester Genap SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2012-2013. aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X- viii ASMA Nuris Jember tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah “penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)”. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan secara kualitatif dan kuantitatif data hasil penelitian ini yaitu aktivitas belajar untuk menegetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan Siklus II. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelumnya nilai aktivitas belajar siswa yaitu 39,54%, pada siklus 1 aktivitas belajar siswa dapat dikategorikan sangat aktif ditunjukkan dengan aktivitas belajar siswa berdasarkan beberapa aspek yaitu mendengarkan uraian (penjelasan dari guru), diskusi kelompok dan disertai permainan di dalam pembelajaran yang mencapai rata-rata nilai aktivitas 60,21%. Pada siklus 2 aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dan kategori aktivitas belajar adalah sangat aktif yaitu 80,46% dari rata-rata nilai aspek-aspek aktivitas belajar yang telah ditentukan. Sedangakan peningkatan hasil belajar siswa yang dinilai dari pemberian tugas serta dilakukannya post tes dan pre tes dari siklus 1 yang mencapai rata-rata nilai kelas sebesar 45,16%dan pada siklus 2 mencapai 80,64%. Sehingga dapat dikatakan telah mengalami peningkatan yang signifikan yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai aktivitas dari sebelum tindakan sampai pelaksanaan siklus dengan menggunakan metode metode pembelajaran kooperatif tipe Tipe Team Game Tournamen (TGT) Jadi pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode metode pembelajaran kooperatif tipe Tipe Team Game Tournamen (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X-A SMA Nuris Jember semester genap tahun pelajaran 2012/2013.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210302090;
dc.subjectMETODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT,SMA NURIS JEMBER .en_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS X - A SMA NURIS JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record