Show simple item record

dc.contributor.authorHesti Aulia
dc.date.accessioned2013-12-05T13:01:56Z
dc.date.available2013-12-05T13:01:56Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5210
dc.description.abstractDalam pembelajaran, menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang tidak dapat dipisahkan dengan keterampilan membaca, berbicara, dan menyimak. Pembelajaran menulis di sekolah dasar yang harus dikuasai oleh siswa kelas IV adalah menulis karangan narasi dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca. Hasil observasi awal yang peneliti lakukan pada siswa kelas IV SDN Penanggal 02 Kabupaten Lumajang, ditemukan beberapa permasalahan antara lain: (a) pengungkapan ide dalam bentuk tulisan yang dikuasai siswa lemah, (b) keterampilan siswa untuk menentukan judul karangan tergolong rendah, (c) keterbatasan kosa kata siswa yang mempengaruhi minat siswa dalam menulis, (d) seringnya terjadi kesalahan penulisan paragraf, ejaan, dan tanda baca. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya upaya pemecahan masalah dengan cara memilih tindakan yang tepat, yaitu menerapkan guided writing. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan guided writing yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Penanggal 02 kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012?, (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Penanggal 02 kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012 setelah diterapkan guided writing? Tujuannya adalah a) mendeskripsikan penerapan guided writing yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Penanggal 02 kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012, b) meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Penanggal 02 kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012 setelah diterapkan guided writing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 Maret s/d 7 April 2012 di SDN Penanggal 02 kecamatan Candipuro kabupaten Lumajang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Penanggal 02 Lumajang tahun pelajaran 2011/2012, sebanyak 19 siswa yang terdiri atas 10 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri atas prasiklus, siklus I dan siklus II. Prasiklus merupakan kegiatan awal sebelum tindakan dilaksanakan, sedangkan siklus I dan siklus II merupakan penerapan tindakan, yaitu menerapakan guided writing. Pada siklus I masih terdapat beberapa kekurangan, oleh karena itu dilakukan siklus II sebagai perbaikan. Adapun beberapa hal yang dilakukan antara lain: 1) menggunakan media berupa gambar (tunggal ataupun seri) untuk membangkitkan skemata siswa, 2) membentuk kelompok-kelompok kecil untuk mempermudah guru memberikan bimbingan, serta mempermudah siswa mendiskusikan media atau gambar yang diberikan guru 3) menerapkan guided writing sesuai dengan tahapan menulis, serta 4) memberikan bimbingan dan perhatian kepada siswa secara intensif pada setiap tahapan menulis, terutama penggunaan ejaan, tanda baca, dan kosa kata. Dengan diterapkan guided writing pada pembelajaran menulis karangan narasi, ketuntasan klasikal siswa mengalami peningkatan. Pada tahap prasiklus, ketuntasan klasikal siswa sebesar 53%, pada siklus I meningkat menjadi 74%. Selanjutnya pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 84%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa: pertama, penerapan guided writing yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Penanggal 02 adalah pembelajaran menulis dengan bimbingan dan pantauan guru. Kedua, keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Penanggal 02 mengalami peningkatan setelah diterapkan guided writing. Saran untuk penerapan hasil penelitian, dalam menerapkan pembelajaran menulis karangan narasi dengan guided writing, sebaiknya guru memperhatikan dan membimbing siswa pada setiap tahapan menulis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204018;
dc.subjectKeterampilan Menulis, Karangan Narasi, Guided Writingen_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN GUIDED WRITING PADA SISWA KELAS IV SDN PENANGGAL 02 KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record