dc.description.abstract | Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri Rambipuji
tergolong masih rendah dikarenakan mata pelajaran Sejarah dianggap kurang begitu
penting dalam kehidupan sehari- hari dibandingkan denga mata pelajaran IPA.
Sedangkan model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar mata pelajaran
Sejarah cenderung konvensional dan kurang variatif. Hal tersebut semakin membuat
mata pelajaran Sejarah kurang diminati oleh siswa. Keterbatasan waktu mengajar
yang dimiliki oleh guru menyebabkan guru kesulitan merancang model pembelajaran
ya ng aktif inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan akan tetapi lebih terfokus pada
ketuntasan materi sehingga pembelajaran kurang variatif dan kurang bermakna bagi
siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang mampu memperbaiki hasil
belajar siswa adalah dengan penerapan model pembelajaran Genius Learning.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimanakah penerapan model
pembelajaran Genius Learning sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Rambipuji?.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian kali ini adalah: Untuk mengetahui
bagaimanakah penerapan model pembelajaran Genius Learning, apakah dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPA 1
SMA Negeri Rambipuji semester genap 2010/2011.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Rambipuji Negeri Rambipuji.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain Hopkins
yang berbentuk spiral, melalui tiga tahapan siklus yang masing- masing siklus terdiri
dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah
siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah 33 siswa. Untuk memperoleh data dalam
penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan model
pembelajaran Genius Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran sejarah pada kelas XI IPA 1 SMA Negeri Rambipuji semester genap tahun
ajaran 2010/2011. Hal ini terbukti pada siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa
meningkat dari 61,45 sebelum diadakannya tindakan menjadi 64,39, pada siklus 2
rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 71,82, dan pada siklus 3 meningkat
kembali menjadi 77,27.
Saran yang dapat peneliti berikan dari hasil penelitian yang telah dilakukan
adalah: (1) Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan landasan
untuk penelitian selanjutnya dalam hal pengembangan model pembelajaran. (2) Bagi
guru sejarah, model pembelajaran Genius Learning dapat dijadikan alternatif model
pembelajaran yang akan diterapkan dalam pembelajaran sejarah di kelas guna
meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Bagi lembaga pendidikan, hasil penelitian ini
dapat digunakan sebagai bahan masukan yang berguna bagi peningkatan mutu
pendidikan. | en_US |