Show simple item record

dc.contributor.authorFitricia Dian Rifanti
dc.date.accessioned2013-12-05T12:46:26Z
dc.date.available2013-12-05T12:46:26Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM070210204117
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5203
dc.description.abstractMenulis merupakan kemampuan yang sangat diperlukan baik dalam kegiatan pembelajara maupun di kehidupan sehari-hari. Ini karena menulis sangat dibutuhka ketika akan menyampaikan informasi, gagasan, atau ide yang berkaitan dengan pembelajaran. Menulis juga sangat penting ketika harus berkomunikasi secara tertulis. Akan terjadi kesalahpahaman ketika apa yang tertulis berbeda dengan apa yang ingin disampaikan. Pentingnya menulis di kalangan siswa ini nampaknya kurang mendapat perhatian, padahal hampir semua aspek membutuhkan kemampuan menulis. Kemampuan menulis siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia akan berpegaruh terhadap kemampuannya dalam mata pelajaran yang lain. Contohnya dalam pelajaran IPA saat menulis laporan atau IPS saat mengadakan observasi. Pengajaran menulis ditujukan agar siswa mampu memahami dan dapat mengkomunikasikan gagasan dalam bentuk tulisan. Hal ini penting karena kemampuan menulis seseorang merupakan gambaran dari penguasaan bahasa yang digunakan. Akan tetapi banyak pengajar atau guru mengalami kesulitan untuk membiasakan siswa belajar menulis. Penelitian menulis narasi sugestif ini pada pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Kawangrejo 1 kelas V, mengamati masalah - masalah yang meliputi: kurang maksimalnya pemanfaatan media pembelajaran, sehingga siswa merasa bahwa menulis itu sulit. Hal ini juga disebabkan oleh kebosanan dan kurang motivasi, bahasa yang digunakan masih didominasi oleh bahasa ibu, sehingga siswa kurang bisa menuangkan apa yang ingin ditulis. PAIKEM merupakan model yang digunakan untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan dalam menulis. PAIKEM dalam penelitian ini adalah pembelajaran aktif dalam artian anak aktif bertanya dan berpartisipasi dalam pembelajaran. Inovatif yaitu guru mampu memberikan sesuatu yang baru dalam pembelajaran kegiatan menulis. Kreatif artinya guru mampu secara kreatif memunculkan kekreatifan siswa. Efektif dalam pmbelajaran ini artinya hemat waktu dan tepat sasaran, jadi siswa dapat meningkatkan kemampuan menulisnya tanpa banyak membuang waktu. Terakhir adalah pembelajaran yang menyenangkan, yang berarti siswa dibawa dalam pembelajaran yang tidak membosankan dan menyenangkan layaknya bermain. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan PAIKEM dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi sugestif siswa kelas V SDN Kawangrejo 1 Jember serta bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis narasi sugestif siswa kelas V SDN Kawangrejo 1 Jember setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan PAIKEM. Hal ini bertujuan untuk mengetahui penerapan PAIKEM dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi sugestif siswa kelas V SDN Kawangrejo 1 Jember serta mengetahui peningkatan kemampuan menulis narasi sugestif siswa kelas V SDN Kawangrejo 1 Jember setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan PAIKEM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Kawangrejo 1 Jember yang berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan proses analisis data penelitian ini berpedoman pada langkah-langkah analisis data penelitian kualitatif, yang terdiri dari: (1) Reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204117;
dc.subjectPAIKEM, Kemampuan Menulis Narasien_US
dc.titleENERAPAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SUGESTIF SISWA KELAS V SDN KAWANGREJO 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record