Show simple item record

dc.contributor.authorFAZRIYA MAS’ULA SOFFAH
dc.date.accessioned2013-12-05T12:35:08Z
dc.date.available2013-12-05T12:35:08Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204043
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5198
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa di MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah Ambulu. Proses pembelajaran IPA di MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah Ambulu menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan bersifat teacher centered, sehingga menimbulkan rasa bosan dalam pembelajaran. Secara tidak langsung hal ini berpengaruh pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Melalui Pemanfaatan Alat Peraga dapat memberikan kondisi belajar yang menarik dan menyenangkan, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah Ambulu dalam pembelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan memanfaatkan alat peraga? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas V MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah Ambulu dalam pembelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan memanfaatkan alat peraga; (2) meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya pada siswa Kelas V MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah Ambulu melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan memanfaatkan alat peraga. Penelitian ini dilaksanakan di MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah Ambulu yang berjumlah 34 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Desain penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada siklus I, motivasi belajar siswa secara klasikal mencapai 62,6% yang termasuk dalam kategori motivasi tinggi dan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 76,47%. Pada siklus II motivasi belajar siswa secara klasikal mencapai 72,80% dan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 88,24%. Berdasarkan data dari siklus I dan II tersebut, maka siswa kelas V telah mencapai persentase motivasi belajar secara klasikal, karena kelas dikatakan motivasi belajarnya tinggi bila siswa di dalam kelas tersebut telah mencapai skor motivasi 51% dari skor maksimal. Sedangkan berdasarkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I dan Siklus II tersebut, maka siswa kelas V telah mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal, karena kelas dikatakan tuntas belajar bila terdapat minimal 75% dari jumlah keseluruhan yang telah mencapai skor ≥ 75. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan memanfaatkan alat peraga, siswa mengalami peningkatan motivasi dan hasil belajar pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya. Saran yang diberikan adalah: bagi guru, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan memanfaatkan alat peraga dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204043;
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Alat Peraga, Motivasi dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V MIMA 32 SALAFIYAH SYAFI’IYAH AMBULU TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record