Show simple item record

dc.contributor.authorFajar Heri Mahbubi
dc.date.accessioned2013-12-05T12:32:30Z
dc.date.available2013-12-05T12:32:30Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204046
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5197
dc.description.abstractKegiatan observasi awal yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru kurang optimal serta aktivitas belajar siswa masih rendah sehingga siswa masih mengalami kesulit an dalam proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena aspek-aspek yang mendukung pembelajaran kurang optimal, diantaranya guru masih cenderung menggunakan metode pembelajaran yang kurang kreatif, serta kurang optimalnya pemanfatan buku-buku pelajaran IPS sebagai sumber belajar siswa. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah melalui penerapan pembelajarn kooperatif t ipe group investigation. Alasan dipilihnya pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe group investigation karena dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sehingga dalam implementasinya dapat membangkitkan kerjasama kelompok dan menanamkan budaya berfikir mandiri dengan adanya pemahaman materi untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Rumusan masalah pada penelit ian ini adalah : bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Jember Lor 02 Tahun Pelajaran 2011-2012 mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajah melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe group investigation?. Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011-2012 mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajah melalui penerapan pembelajaran kooperatif t ipe group investigation?. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dar i penelit ian ini adalah: untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Jember Lor 02 Tahun Pelajaran 2011-2012 mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajah melalui penerapan pembelajaran kooperatif t ipe group investigation; untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 20112012 mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajah melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelit ian ini dilaksanakan di kelas V SDN Jember Lor 02 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang terdiri dari 36 siswa. Jenis penelit iannya adalah penelit ian t indakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada siklus I presentase aktivitas belajar 52,76% dan pada siklus II persentase aktivitas belajar sebesar 79,30% sehingga peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II adalah 26,53%. Secara klasikal memenuhi kriteria yang di tetapkan yaitu aktif. Hasil belajar pada pembelajaran siklus I ke siklus II juga meningkat, pada siklus I persentase hasil belajar sebesar 43%, siklus II persentase hasil belajar sebesar 83% jadi memenuhi SKM yang di tetapkan SDN Jember Lor 02 Jember yaitu sebesar 65. Kesimpulan dari penelit ian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar pada pokok bahasan perjuangan melawan penjajah , persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I yaitu 43% dengan siswa tuntas sebanyak 15 dari 36 siswa sedangkan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siklus II yaitu 83% dengan siswa tuntas sebanyak 30 dari 36 siswa. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 40%, Saran yang dapat diberikan adalah bagi siswa, dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe group investigation ini diharapkan mampu untuk mengembangkan pikiran dan sikap dalam bertindak sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPS, memberikan alternatif pembelajaran bagi guru, untuk perbaikan proses belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa meningkat, selain itu diharapkan pihak sekolah dapat terus menerapkan pembelajaran kooperatif tipe group investigation sebagai sumbangan pemikiran demi meningkatkan mutu pendidikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204046;
dc.subjectPembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa, Pokok Bahasan Perjuangan Melawan Penjajahen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DI SDN JEMBER LOR 02en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record