Show simple item record

dc.contributor.authorEYANG SANGGI SRIUTOMO
dc.date.accessioned2013-12-05T12:21:40Z
dc.date.available2013-12-05T12:21:40Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM100210273048
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5192
dc.description.abstractKesulitan siswa dalam memahami materi dalam pembelajaran IPA dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru cenderung monoton yaitu ceramah dan penugasan. Juga anggapan siswa mengenai materi pelajaran IPA hanyalah bersifat hafalan saja. Hal ini menyebabkan rendahnya aktivitas siswa dalam proses belajar yang ditunjukkan dengan berbicara sendiri dengan teman sebangku, cenderung diam dan tidak aktif, kurang bergairah dan malas terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena it u guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Penerapan pembelajaran model Inkuiri dengan bereksperimen dapat memberikan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan aktivitas siswa, membantu kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal, karena pada dasarnya karakteristik siswa kelas IV adalah siswa yang mempunyai kebiasaan berkelompok-kelompok dengan teman satu kelasnya dan dengan interaksi sosial itulah dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengoptimalkan belajarnya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal. Berdasarkan pada latar belakang penelitian tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan yaitu: 1). bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan Gaya setelah model Inkuiri pada siswa kelas IV SDN Rambipuji 04 Jember Th. Pelajaran 2011-2012 ? ; 2). bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan Gaya melalui model Inkuiri pada siswa kelas IV SDN Rambipuji 04 Jember Th. Pelajaran 20112012 ? dan berdasarkan rumusan masalah yang ingin dipecahkan diatas, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model Inkuiri pada siswa kelas IV SDN Rambipuji 04 Jember Th. Pelajaran 2011-2012; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Rambipuji 04 Jember Th. Pelajaran 20112012 melalui penerapan model Inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Rambipuji 04 Jember yang terdiri dari 39 siswa, 26 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 7 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 13 Maret 2012 sampai 12 April 2012 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Rambipuji 04 Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu. Pada siklus I aktivitas siswa secara klasikal mencapai 58,97% aktivitas guru mencapai 60%, serta tes individu mencapai 64,10%. Pada siklus II, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 84,62%, aktivitas guru mencapai 90%, serta tes individu mencapai 87,18%. Berdasarkan analisis ketuntasan hasil belajar pada siklus II tersebut, maka siswa kelas IV telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Karena kelas dikatakan tuntas belajar bila terdapat minimal 75% yang telah mencapai skor ≥ 65. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan diterapkannya pembelajaran model Inkuiri siswa mengalami peningkatan baik dalam aktivitas maupun hasil belajar pada pokok bahasan gaya. Karena penerapan pembelajaran model Inkuiri dengan bereksperimen dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar dengan cara pembentukan kerjasama yang baik sehingga dapat saling membantu kesulitan yang dihadapi satu sama lain, serta dapat meningkatkan keakraban siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210273048;
dc.subjectktivitas dan Hasil Belajar, Model Inkuiri, Pokok Bahasan Gayaen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI MODEL INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN RAMBIPUJI 04 JEMBER TH. PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record