Show simple item record

dc.contributor.authorERNI DWI JAYANTI
dc.date.accessioned2013-12-05T12:06:58Z
dc.date.available2013-12-05T12:06:58Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204054
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5185
dc.description.abstractIlmu pengetahuan sosial (IPS) adalah materi pelajaran yang dipilih dari konsep disiplin ilmu sosial dan humaniora, yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan. Ilmu sosial mempelajari tentang kemasyarakaan yakni mempelajari manusia dan manusia lainnya, individu, kelompok, seperti sosiologi, ekonomi, politik, dan geografi, antropologi, ppsikologi dan humaniora. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus untuk mencapai tujuan dari IPS yaitu dengan menggunakan model role playing. Pembelajaran IPS di sekolah dasar pada umumnya masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah. Berdasarkan hasil observasi di SDN Sumbersari 01 jember, terdapat permasalahan yaitu hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VA masih kurang dari kriteria ketuntasan minimal (yaitu 65 yang telah disesuaikan dengan kriteria ketuntasan secara nasional) yang telah ditetapkan oleh SDN Sumbersari 01 Jember. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA pada mata pelajaran IPS ini adalah melalui model role playing pada pokok bahasan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan menerapkan model role playing kelas V SDN Sumbersari 01 Jember tahun ajaran 2011/2012?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA pada mata pelajaran IPS pokok bahasan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan menerapkan model role playing kelas V SDN Sumbersari 01 Jember tahun ajaran 2011/2012. Hipotesis pada penelitian ini adalah jika guru menerapkan model role playing, maka dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas VA pada pokok bahasan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi 17 Agustus 1945 siswa kelas VA SDN Sumbersari 01 Jember tahun ajaran 2011/2012. Hipotesis penelitian ini adalah jika guru menerapkan model role playing pada pokok bahasan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi 17 Agustus 1945, maka dapat meningkatkan aktifitas siswa kelas VA di SDN Sumbersari 01 Jember tahun ajaran 2011/2012 dan jika guru menerapkan model role playing pada pokok bahasan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi 17 Agustus 1945, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA di SDN Sumbersari 01 Jember tahun ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Sumbersari 01 Jember tahun ajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 53 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa nilai siswa sebelum penelitian, nilai siswa pada akhir tes siklus 1 dan 2, analisis aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran serta jawaban siswa dan guru terhadap wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28 November 2011 – 30 Maret 2012. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Aktivitas belajar siswa melalui menerapkan model role playing, maka dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas VA pada pokok bahasan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi 17 Agustus 1945 mengalami peningkatan yang sangat baik. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata persentase aktivitas pada siklus 1 mencapai 65,68 %. Sedangkan pada siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa mencapai 77 %. Selain itu Hasil belajar siswa melalui menerapkan model role playing, maka dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas VA pada pokok bahasan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi 17 Agustus 1945 juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 76 %. Sedangkan siklus 2 diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 85 %. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu siswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif selama kegiatan pembelajaran IPS sementara guru hendaknya menerapkan model pembelajaran role playing pada pembelajaran IPS untuk meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini adalah bagi guru kelas VA hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran IPS untuk dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan guru yang lain hendaknya dapat menerapkan model role playing pada mata pelajaran yang lain. Bagi peneliti lain hendaknya dapat digunakan sebagai acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis dengan permasalahan lainyang nantinya diharapkan peneliti lain mampu memperbaiki dan melengkapi segala kekurangan yang terdapat dalam penelitian ini. Bagi sekolah hendaknya lebih memperhatikan pembelajaran yang dilakukan di kelas, serta memberikan pengetahuan kepada guru mengenai model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204054;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Pokok Bahasan PeristiwaPeristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 , Model Role Playingen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA POKOK BAHASAN PERISTIWA-PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN 17 AGUSTUS 1945 MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING SDN SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record