Show simple item record

dc.contributor.authorYanuar Hengky Prima Shapta
dc.date.accessioned2013-12-05T11:59:20Z
dc.date.available2013-12-05T11:59:20Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM070210391066
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5183
dc.description.abstractAktivitas belajar siswa kelas VIIIB SMP Darul Hikmah dalam pembelajaran IPS terpadu sangat rendah, trebukti dengan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti hanya mencapai prosentase 52%. Rendahnya aktivitas belajar siswa tersebut dikarenakan banyaknya siswa yang beraktivitas diluar konteks pembelajaran. Aktivitas tersebut antara lain siswa masih suka bermain dengan benda-benda sekitar bahkan dengan teman sebangku. Kegiatan siswa tersebut sangat berpengaruh pada kegiatan pembelajaran, sehingga tujuan pem belajaran tidak tercapai. Selama ini guru juga telah melakukan variasi pembelajaran tetapi hasilnya belum maksimal. Guru juga mengatakan pada pembelajaran tertentu beberapa semester terahir aktivitas belajar siswa selalu rendah salah satunya adalah pada kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai penyakit sosial dalam keluarga dan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi antara guru dan peneliti yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siwa menggunakan media software macromedia flash professional 8 pada mata pelajaran IPS terpadu kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai penyakit sosial dalam keluarga dan masyarakat semester ganjil kelas VIIIB SMP Darul Hikmah tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIB SMP Darul Hikmah semester ganjil pada tanggal 12 November 2012 sampai dengan 21 November 2012. Penelitian ini dilakukan dua siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan da ta yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data vii deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan skor aktivitas belajar siswa kelas VIIIB sebelum tindakan yaitu 52% dengan kategori tidak aktif. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I diketahui bahwa skor aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 69,55 % yaitu pada kategori cukup aktif. Sekalipun terjadi peningkatan yang cukup sig nifikan namun hasil ini belum memenuhi target peneliti, yaitu skor de nganan kategori aktif. Untuk memenuhi target tersebut dilaksanakan siklus lanjutan yaitu siklus II sebagai upaya perbaikan dari siklus I. Pada siklus II peningkatan aktivitas belajar sisw a sangat tinggi yaitu memperoleh skor 84,5% yang berada pada kriteria sangat aktif dan memenuhin target pe neliti. Berpedoman pada hipotesis dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaaan media software macromedia flash professiona l 8 dapat diterapkan pada mata pelajaran IPS terpadu khususnya kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai penyakit sosial dalam keluarga dan masyarakat karena media pembelajaran ini mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210391066;
dc.subjectPENDIDIKANen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIIIB SMP Darul Hikmah Mata Pelajaran IPS Terpadu Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Berbagai Penyakit Sosial dalam Keluarga dan Masyarakat Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record