• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EVALUASI KINERJA BUNDARAN DENGAN METODE MKJI 1997 (STUDI KASUS BUNDARAN MASTRIP JEMBER)

    Thumbnail
    View/Open
    Ibrahim Reza Permana_1.pdf (620.6Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Ibrahim Reza Permana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bundaran Mastrip merupakan salah satu bundaran penting di Kota Jember yang melayani arus lalu lintas dari Jalan Mastrip, Jalan Kalimantan, dan Jalan Danau Toba. Pemilihan Bundaran Mastrip sebagai lokasi penelitian didasarkan atas problem kemacetan yang terjadi pada bundaran tersebut. Faktor penyebabnya antara lain ialah tingginya volume arus lalu lintas pada kawasan bundaran, geometri bundaran yang tidak sesuai dengan standar perencanaan, dan minimnya marka atau rambu lalu lintas di sekitar bundaran. Dari kondisi ini dibutuhkan penelitian untuk mengetahui kinerja bundaran pada kondisi eksisting dan masa mendatang serta solusi yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja bundaran. Metodologi penelitian yang digunakan mencakup analisis kinerja dengan metode MKJI 1997 dan analisis prediksi kinerja dengan analisis regresi linear metode kuadrat terkecil sesuai peraturan Menteri Perhubungan Nomor: KM 14/2006. Menurut MKJI 1997 kelayakan kinerja bundaran dapat diketahui dengan melihat besarnya nilai derajat kejenuhan (DS) dan tundaan rerata bundaran (DR). Untuk tahun 2012 dengan volume kendaraan 33.278 unit smp, diketahui bahwa kinerja Bundaran Mastrip masih sesuai dengan syarat Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: KM 14/2006 (DS = 0,677 ≤ 0,8 dan DR = 8,931 detik/smp ≤ 25 detik/smp). Dengan analisis regresi linear volume kendaraan dapat diprediksi pada 2017 menjadi 47.804 unit smp sehingga diketahui bahwa kinerja Bundaran Mastrip untuk 2017 ix telah melampaui syarat Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: KM 14/2006 (DS = 0,972 > 0,8 dan DR = 25,843 detik/smp > 25 detik/smp) maka perlu diadakan perbaikan kinerja bundaran dengan melakukan penyesuaian geometri simpang Bundaran Mastrip. Penyesuaian geometri simpang bundaran dilakukan dengan cara memperlebar diameter bundaran sebesar 8 meter dari diameter semula sebesar 38 meter menjadi sebesar 46 meter. Setelah dilakukan penyesuaian geometri simpang Bundaran Mastrip didapatkan kinerja bundaran sesuai dengan syarat Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: KM 14/2006 dengan nilai DS = 0,799 ≤ 0,8 dan DR = 14,598 ≤ 25 detik/smp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Bundaran Mastrip untuk kala ulang 5 tahun telah melampaui ketetapan yang berlaku sehingga perlu dilakukan penyesuaian terhadap kondisi geometri bundaran. Selain itu, diperlukan penerapan manajemen lalu lintas yang memadai dan evaluasi tiap kala ulang 5 tahun sekali untuk menunjang kelancaran, keselamatan dan ketertiban lalu lintas di kawasan Bundaran Mastrip.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5162
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4204]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository