Show simple item record

dc.contributor.authorDewi Rizqiyanti
dc.date.accessioned2013-12-05T09:49:38Z
dc.date.available2013-12-05T09:49:38Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM090210204075
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5137
dc.description.abstractAda beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Salah satunya yaitu model pembelajaran yang guru terapkan dalam mengajar di kelas. Berdasarkan hasil observasi di SDN Pancakarya 01 Ajung Jember, diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan kepada siswa untuk mengerjakan LKS yang disediakan oleh sekolah. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep materi IPA yang diajarkan. Pembelajaran yang menerapkan model discovery dengan metode eksperimen, siswa dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, karena memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk menemukan pengetahuan yang mereka butuhkan dengan melakukan suatu percobaan sehingga siswa lebih mudah dalam memahami konsep dari materi yang dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pancakarya 01 Ajung dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model discovery dengan metode eksperimen pokok bahasan energi panas dan energi bunyi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pancakarya 01 Ajung dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model discovery dengan metode eksperimen pokok bahasan energi panas dan energi bunyi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pancakarya 01 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 42 siswa yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Pelaksanaan penerapan model discovery dengan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi pada siswa kelas IV SDN Pancakarya 01 Ajung Jember berjalan lancar dan sesuai rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui penerapan model discovery dengan metode eksperimen mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, aktivitas siswa secara klasikal berada pada kategori aktif dengan persentase 71,82%. Pada siklus II, aktivitas siswa meningkat menjadi 82,68% dengan kategori sangat aktif. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 10.86%. Sama halnya untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam setiap pertemuannya. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,11 meningkat sebesar 73,92 pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 7,79. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model discovery dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV pokok bahasan energi panas dan energi bunyi di SDN Pancakarya 01 Ajung Jember. Saran dari penelitian ini bagi guru adalah diharapkan mampu menerapkan model discovery dengan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA sebagai inovasi pembelajaran baru dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204075;
dc.subjectMATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI MELALUI MODEL DISCOVERY DENGAN METODE EKSPERIMENen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI MELALUI MODEL DISCOVERY DENGAN METODE EKSPERIMEN DI SDN PANCAKARYA 01 AJUNG JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record