dc.contributor.author | Eni Sulastri | |
dc.date.accessioned | 2013-12-05T08:26:06Z | |
dc.date.available | 2013-12-05T08:26:06Z | |
dc.date.issued | 2013-12-05 | |
dc.identifier.nim | NIM100210274008 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5088 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang menunjukkan
kurangnya kemampuan siswa kelas IV SDN Kaliwining 07 Kecamatan Rambipuji
dalam menceritakan kembali isi dongeng. Hal ini disebabkan model pembelajaran
yang digunakan guru kurang mengarahkan siswa untuk dapat belajar dan
menceritakan kembali isi dongeng menggunakan kata-katanya sendiri dengan
baik serta kurang memotivasi siswa untuk semangat belajar. Guru hanya
membacakan cerita didepan kelas kemudian menugasi siswa membaca lagi cerita
yang ada dibuku. Berdasarkan paparan diatas dapat dikemukakan rumusan
masalah yaitu 1) bagaimanakah penerapan menceritakan kembali isi dongeng
yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas IV SDN
Kaliwining 07 Rambipuji Jember? 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan
berbicara setelah diterapkan menceritakan kembali isi dongen pada siswa kelas IV
SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan
menceritakan kembali isi dongeng yang dapat meningkatkan kemampuan
berbicara pada siswa kelas IV SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember dan untuk
meningkatkan kemampuan berbicara setelah diterapkan menceritakan kembali isi
dongeng pada siswa IV SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.
Pengambilan data dilakukan pada tanggal 02-21 April 2012 di SDN Kaliwining
07 Kecamatan Rambipuji dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV.
Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) penerapan menceritakan
kembali isi dongeng yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas
IV SDN Kaliwining 07 tahun pelajaran 2011-2012 adalah menceritakan kembali
isi dongeng yang dilakukan pada siklus II yaitu dengan menceritakan 2 kali
dongeng yang diberikan kepada siswa dan memberikan gambar seri yang sudah
berurutan kepada siswa sehingga kemampuan berbicara siswa meningkat.
2) peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN Kaliwining 07 tahun
pelajaran 2011-2012 setelah diterapkan menceritakan kembali isi dongeng
mengalami peningkatan secara klasikal dan juga secara perorangan di Kaliwining
07 . Pada siklus I diperoleh persentase secara klasikal sebesar 52% , siklus II
mencapai 92 % .
Saran hasil penelitian, bila penerapan menceritakan kembali isi dongeng
diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, maka guru hendaknya lebih
memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi-materi yang akan
disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 100210274008; | |
dc.subject | Kemampuan Berbicara, Menceritakan Kembali Isi Dongeng | en_US |
dc.title | PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG PADA SISWA KELAS IV SDN KALIWINING 07 RAMBIPUJI JEMBER | en_US |
dc.type | Other | en_US |