• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENGUNGKAPKAN ISI CERITA MELALUI METODE SOSIODRAMA KELAS V SDN 9 TULUNGREJO GLENMORE BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Chandy Febyanto - 090210204047_1.pdf (90.67Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Dekaningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kemampuan mengungkapkan isi cerita merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa sekolah dasar. Kenyataannya, kemampuan mengungkapkan isi cerita siswa kelas V SDN 9 Tulungrejo masih rendah, kurangnya kemampuan mengungkapkan pendapat tentang isi cerita disebabkan perasaan malu, kurang percaya diri, dan pembelajaran yang kurang menarik serta siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan metode yang membuat siswa tertarik untuk belajar yaitu dengan menggunakan metode sosiodrama. Penggunaan metode sosiodrama diharapkan dapat membantu siswa mengatasi perasaan malu dan kurang percaya diri yang menjadi kelemahan pada pembelajaran bahasa Indonesia khususnya mengungkapkan isi cerita. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah proses penerapan metode sosiodrama yang dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN 9 Tulungrejo Tahun Pelajaran 2012/2013 dalam mengungkapkan isi cerita? dan 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan mengungkapkan isi cerita siswa kelas V SDN 9 Tulungrejo Tahun Pelajaran 2012/2013 setelah diterapkan metode sosiodrama? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan proses penerapan metode sosiodrama yang dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN 9 Tulungrejo Tahun Pelajaran 2012/2013 dalam mengungkapkan isi cerita; 2) untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan isi cerita siswa kelas V SDN 9 Tulungrejo Tahun Pelajaran 2012/2013 setelah menerapkan metode sosiodrama. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas di SDN 9 Tulungrejo. Variabel dalam penelitian ini ialah metode sosiodrama dan kemampuan mengungkapkan isi cerita. Data diperoleh dari siswa dan guru kelas V SDN 9 Tulungrejo. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa proses penerapan metode sosiodrama berjalan cukup baik. Guru telah memberikan contoh mengenai intonasi, ekpresi, dan gerak tubuh pada siklus II sehingga kekurangan pada siklus I tentang intonasi, ekpresi, dan gerak tubuh tidak tampak. Pelaksanaan pembelajaran berjalan lancar dan siswa terlihat antusias bermain drama. Kemampuan siswa dalam mengungkapkan isi cerita melalui metode sosiodrama kelas V SDN 9 Tulungrejo berjalan dengan baik. Penggunaan metode sosiodrama dalam pembelajaran mengungkapkan isi cerita dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa. Tahap prasiklus, dari 16 siswa hanya 5 siswa (31%) yang mencapai ketuntasan hasil belajar. Tahap siklus I, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat menjadi 11 siswa (69%). Selanjutnya, pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan belajar sangat meningkat yaitu sebanyak 15 siswa (94%) Saran untuk guru, sebaiknya menerapkan pembelajaran mengungkapkan isi cerita dengan menggunakan metode sosiodrama ataupun metode lain yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa sehingga kemampuan mengungkapkann isi cerita dapat meningkat. Saran untuk kepala sekolah, sebaiknya dapat mensosialisasikan hasil penelitian ini kepada guru-guru di sekolah sebagai upaya perbaikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Saran untuk peneliti lain, sebaiknya penerapan metode sosiodrama yang digunakan dalam penelitian ini dapat diterapkan pada peneliti-peneliti selanjutnya sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5087
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15399]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository