Show simple item record

dc.contributor.authorRICKY MAULANA
dc.date.accessioned2013-12-05T08:06:22Z
dc.date.available2013-12-05T08:06:22Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM050210301203
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5074
dc.description.abstractProses pembelajaran mengajar akan efektif apabila siswa lebih aktif dalam bekerja sama dan mengungkapkan jawabannya karena siswa akan mengalami, menghayati dan memahami pelajaran dan pengalaman yang diperoleh. Untuk menumbuhkan partisipasi dalam proses bel ajar mengajar guru mempunyai metode pemberian tugas. Cara penyampaian materi yang baik akan menarik minat siswa untuk belajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu metode yang bisa digunakan oleh guru dalam mengajar adalah metode pemberian tugas. Pemberian tugas tersebut dapat diberikan dalam dua cara yaitu secara individu maupun secara kelompok. Pemberian tugas secara individu dimaksudkan agar siswa mengerjakan sendiri tugasnya menurut kemampuannya tanpa dibantu orang lain, sedangkan pemberian tugas secara kelompok dimaksudkan agar siswa dapat bekerjasama, berdiskusi menyelesaikan tugas secara bersama. Dalam pembelajaran ini pemberian tugas perlu sekali untuk penguatan dan pemantapan atau sebagai aplikasi dari pengertian yang baru sa ja diajarkan. Pemberian tugas sambil memahami konsep yang diajarkan dan menggunakannya dalam memecahkan masalah. Dalam pemberian tugas secara kelompok terjadi suatu proses kerja sama , sehingga kerja sama tersebut memudahkan dalam memecahkan suatu masalah, karena di dalam satu kelas kemampuan siswa tidak sama sehingga siswa yang pandai dapat membantu temannya yang kurang pandai. Jenis kegiatan ini adalah penelitian vii ekspos fakto untuk membedakan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diberi tugas kelompok de ngan yang diberi tugas individu. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian Causal Comparative research design yaitu menggunakan dua atau labih kelompok dengan tugas yang berbeda Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode purposive yaitu menentukan dengan sengaja tempat pelaksanaan penelitian didasarkan pada pertimbangan -pertimbangan tertentu, yaitu keterbatasan waktu, tenaga dan dana sehingga tidak dapat mengambil sample yang besar dan jauh serta SLTP ini belum pernah dilaksanakan penelitian serupa dan dekat dengan tempat tinggal peneliti dan peneliti merupakan alumni SLTP tersebut. Untuk mengumpulkan data ada beberapa metode yang bisa digunakan.Metode -metode tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda dan hendaknya digunakan secara tepat sesuai deng an penelitian dan jenis data yang ingin diperoleh serta keadaan subyek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah :. Dokumentasi dan Wawancara . Dimana pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari uji validitas d an uji realibilitas, uji ANAVA, uji Chi Square Dari output SPSS tersebut diketahui nilai signifikansi untuk Levene statistik sebesar 0,705 atau lebih besar dari 0,05 sehingga dikatakan data bersif at homogen. Untuk nilai signifikansi pada uji -F atau anova diperoleh sebesar 0,126 lebih besar dari 0,05 sehingga disimpulkan bahwa varian data homogeny. Kelas 2A memiliki nilai X sebesar 15,00 dengan derajat bebas 16. Apabila dilihat dari tabel X untuk tingkat signifikansi 5% dan derajat bebas 16 maka diperoleh nilai X viii 2 tabel = 26,296; sehingga dapat diambil kesimpulan X 2 hitung < X 2 tabel atau data berdistribusi normal. Kelas 2B memiliki nilai X 2 2 sebesar 17,83 dengan derajat bebas 18. Apabila dilihat dari tabel X untuk tingkat signifikansi 5% dan derajat bebas 18 maka diperoleh nilai X tabel = 22,362; sehingga dapat diambil kesimpulan X 2 hitung < X 2 tabel atau data berdistribusi normal. Kelas 2C memiliki nilai X 2 sebesar 15,18 dengan derajat bebas 21. Apabila dilihat dari tabel X untuk tingkat signifikansi 5% dan derajat bebas 15 maka diperolehen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210301203;
dc.subjectTUGAS KELOMPOK DENGAN SISWA YANG DIBERI TUGAS INDIVIDUen_US
dc.titlePERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA SISWA YANG DIBERI TUGAS KELOMPOK DENGAN SISWA YANG DIBERI TUGAS INDIVIDU (Pada pokok bahasan Pasar kelas VIII di SMP 2 Pecoro Rambipuji Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record