Show simple item record

dc.contributor.authorELY EFENDI
dc.date.accessioned2013-12-05T07:48:41Z
dc.date.available2013-12-05T07:48:41Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204140
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5045
dc.description.abstractMelalui pembelajaran IPA diharapkan siswa dapat menanamkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai ilmiah pada siswa serta rasa mencintai dan menghargai kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Kegiatan yang dirancang oleh guru harus mengindikasikan suatu proses yang telah direncanakan secara masak dan mencakup fakta yang terjadi dalam lingkungan. Sesuai dengan karakternya maka pembelajaran IPA harus memiliki kecenderungan pada pendidikan kognitif dan psikomotor siswa Pengamatan yang dilakukan peneliti pada tanggal 01 Juli 2011 terhadap masalah belajar siswa di SD Negeri Jambearum 01adalah minimnya penggunakan media pembelajan yang digunakan oleh guru, perolehan aktivitas dan hasil belajar siswa juga rendah jika dibandingkan dengan KKM yang ditetapkan oleh Sekolah. Rendahnya perolehan aktivitas dan hasil belajar tersebut tidak lepas dari minimnya penggunaan media dan metode yang diterapkan guru yang tidak sesuai dengan perkembangan siswa.. Media berbasis lingkungan sesuai untuk pendidikan IPA di SD, melalui media berbasis lingkungan diharapkan siswa dapat membangun pengetahuan sekaligus lebih mengetaui dan mencintai alam.. Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda dengan menggunakan media berbasis lingkungan pada siswa kelas IV SDN Jambearum 01 Puger Jember? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda dengan menggunakan media berbasis lingkungan pada siswa kelas IV SDN Jambearum 01 Puger Jember? Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, peneliti lain dan personal sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media berbasis lingkungan pada siswa kelas IV SDN Jambearum 01 Kecamatan Puger Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda. Penelitian dilaksanakan di SDN Jambearum 01 kelas IV Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 21 siswa, 6 siswa perempuan, 15 siswa lakilaki. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 01 Desember sampai 16 Desember 2011. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil pengamatan peneliti diperoleh persentase aktivitas siswa pada kegiatan prasiklus adalah 36,9% siklus I adalah 40,47% dan Siklus II sebesar 71,03 %. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa pada prasiklus adalah 9,52%, siklus I sebesar 38,1% dan Siklus II sebesar 81%. Analisa hasil belajar pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa kelas IV telah mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan pembelajaran menggunakan media berbasis lingkungan dapat meningkatkan aktivitas siswa SDN Jambearum 01, sehingga mereka mampu mencapai standar ketuntasan minimal dalam mempelajari IPA khususnya pada pokok bahasan Sifat dan Perubahan Wujud Benda, (2) melalui pembelajaran menggunakan media berbasis lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Jambearum 01 dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan Sifat dan Perubahan Wujud Benda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204140;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar IPA, Pokok Bahasan Sifat dan Perubahan Wujud Benda, Media Berbasis Lingkunganen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN JAMBEARUM 01 PUGER JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record