Show simple item record

dc.contributor.authorNAYLAH KAFIDA ROHMAH
dc.date.accessioned2013-12-05T07:35:56Z
dc.date.available2013-12-05T07:35:56Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210391007
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5016
dc.description.abstractPencapaian tujuan pendidikan dapat diketahui melalui kegi atan penilaian. Penilaian merupakan instrumen yang efektif untuk mengetahui berhasil tidaknya proses pembelajaran apabila hasilnya dijadikan acuan umpan balik (feedback) bagi guru maupun siswa itu sendiri. Melalui penilaian hasil belajar, guru dapat menguk ur dan menilai sejauh mana siswa dapat menyerap pengalaman belajar serta sejauh mana keberhasilan pembelajaran yang dilakukan guru, sehingga guru dapat mengambil keputusan apa yang sebaiknya dilakukan. Teknik penilaian terus berkembang sejalan dengan kurikulum yang berlaku. Teknik penilaian dalam KTSP adalah Penilaian Berbasis Kelas (PBK). Penilaian berbasis kelas memiliki pengertian bahwa penilaian sebagai kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh dan mengefektifkan informasi tentang hasil belajar siswa di kelas selama dan setelah kegiatan belajar mengajar. Terdapat beberapa jenis penilaian berbasis kelas dalam KTSP salah satunya yang dilakukan oleh guru IPS kelas VIIIA di SMP Negeri 6 Jember adalah penilaian portofolio. Penilaian portofolio adalah salah satu instrumen penilaian untuk menilai kompetensi siswa, atau menilai hasil belajar siswa selama dan setelah kegiatan belajar mengajar dalam pencapaian ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penilaian portofolio pada guru mata pelajaran IPS kelas VIIIA di SMP Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yakni menggambarkan dengan nilai dan kata -kata atau kalimat menurut kategori untuk mengetahui implementasi penilaian portofolio pada guru mata pelajaran IPS Kelas VIIIA di SMP vii Negeri 6 Jember. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini ada lah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data utama yang diperoleh dalam penelitian implementasi penilaian portofolio pada mata pelajaran IPS ekonomi kompetensi dasar mendeskripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara dapat dilihat dari instrument penilaian portofolio siswa. Instrumen penilaian portofolio tersebut berupa tugas membuat peta konsep, membuat makalah, dan membuat kliping. Hasil analisis penilaian portofolio pada siswa dengan melihat instrumen penilaian berupa tugas peta konsep, makalah, dan kli ping diperoleh rata-rata klasikal siswa kelas VIIIA sebesar 78,5 yang artinya baik dengan rincian nilai masing-masing instrumen penilaian tugas peta konsep memperoleh nilai sebesar 78,4, tugas makalah memperoleh nilai sebesar 77,7 dan tugas kliping mempero leh nilai sebesar 79,3 Berdasarkan hasil dan pembahasan mengenai implementasi penilaian portofolio pada guru mata pelajaran IPS kelas VIIIA di SMP Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2012/2013 disimpulkan bahwa penilaian portofolio yang telah diterapkan guru baik. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil analisis tugas siswa secara klasikal yang menunjukkan nilai diatas ketuntasan minimum.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210391007;
dc.subjectPenilaian Portof olio, kriteria penilaianen_US
dc.titleIMPLEMENTASI PENILAIAN PORTOFOLIO PADA GURU MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII A DI SMP NEGERI 6 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record