dc.description.abstract | atar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi
positioning terhadap perilaku pascapembelian konsumen handphone SAMSUNG.
Variabel independen yang diteliti yaitu; atribut produk (X
vii
1
), manfaat produk (X
),
pemakai produk (X
3
), harga produk (X
) dengan variabel dependen yaitu perilaku
pascapembelian yaitu; kepuasan, rekomendasi dan pembelian ulang. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh yang signifikan dari variabel
positioning (atribut produk, manfaat produk, pemakai produk dan harga produk)
terhadap perilaku pascapembelian konsumen dan untuk mengetahui variabel manakah
dari positioning (atribut produk, manfaat produk, pemakai produk dan harga produk)
yang mempunyai pengaruh dominan terhadap perilaku pascapembelian konsumen.
4
Populasi penelitian adalah mahasiswa/i Pendidikan Ekonomi angkatan 2010,
2011 dan 2012 yang menggunakan handphone SAMSUNG yakni sebanyak 56
mahasiswa, maka peneliti menggunakan semua responden penelitian dengan
pertimbangan bahwa jumlah tersebut sudah melebihi jumlah responden minimal
dalam penelitian (n=30). Variabel yang diteliti adalah atribut produk (X
), manfaat
produk (X
2
), pemakai produk (X
3
), harga (X
) dan perilaku pascapembelian
konsumen (Y). Pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah teruji validitas
dan reliabilitasnya. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t, sedangkan untuk
menganalisis data, yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
4
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi
berganda diperoleh persamaan
Y = 3,575 + (0,882)X
1
+ (0,446)X
2
+ (0,487)X
3
+ (0,349)X
4
+ e
i
1
2
Seluruh variabel independen memiliki korelasi yang searah dengan variabel
dependen sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara atribut
produk, manfaat produk, pemakai produk dan harga produk terhadap perilaku
pascapembelian handphone Samsung. Hasil uji F atau simultan diperoleh F
sebesar 44,152 dan F
sebesar 2,553 maka (44,152 ≥ 2,553) yang berarti signifikan
dan menerima hipotesis alternatif. Hasil pengujian secara parsial variabel atribut
produk diperoleh t
tabel
hitung
sebesar 5,896 dan t
sebesar 2,003 dengan nilai signifikansi
(5,896 ≥ 2,003), variabel manfaat produk diperoleh t
tabel
viii
hitung
sebesar 2,789 dan t
sebesar 2,003 dengan nilai signifikansi (2,789 ≥ 2,003), variabel pemakai produk
diperoleh t
hitung
sebesar 2,944 dan t
sebesar 2,003 dengan nilai signifikansi (2,944
≥ 2,003), variabel harga produk diperoleh t
tabel
hitung
sebesar 2,360 dan t
sebesar 2,003
dengan nilai signifikansi (2,360 ≥ 2,003). Dengan menggunakan koefisien beta dapat
diperoleh persentase besarnya pengaruh yang diberikan oleh setiap variabel bebas
terhadap variabel terikat yakni atribut produk sebesar 40,13%, manfaat produk
13,76%, pemakai produk sebesar 16,46% dan harga produk sebesar 7,22%. hasil
penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variable atribut produk (X
tabel
) merupakan
variabel yang dominan berpengaruh terhadap perilaku pascapembelian (Y).
Koefisien determinasi R
2
(R square) digunakan untuk mengukur besarnya
pengaruh simultan dari variabel bebas terhadap variabel terikat, maka diperoleh nilai
koefisien determinasi R
2
sebesar 0,776 atau 77,6% terhadap naik turunnya perilaku
pascapembelian, sisanya sebesar 22,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak
masuk dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
strategi positioning memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen
pascapembelian handphone SAMSUNG dan variabel atribut produk (X
) adalah
variabel dari positioning yang mempunyai pengaruh dominan terhadap perilaku
pascapembelian handphone SAMSUNG. | en_US |