Show simple item record

dc.contributor.authorDevy Rosaria Margareta Anggraini
dc.date.accessioned2013-12-05T06:45:02Z
dc.date.available2013-12-05T06:45:02Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM100210274045
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4901
dc.description.abstractKeberhasilan suatu tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh keberhasilan kegiatan belajar di sekolah. Proses belajar dan hasil belajar siswa bukan hanya ditentukan oleh sekolah, pola struktur, dan isi kurikulum saja, tetapi juga oleh kompetensi guru dalam mengajar dan membimbing siswa. Daya serap siswa yang kurang pada mata pelajaran PKn akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa di sekolah disebabkan beberapa faktor antara lain: metode yang digunakan guru di kelas masih konvensional dan cenderung monoton, peranan guru lebih dominan daripada siswa, sehingga akan menyebabkan siswa cenderung pasif, jenuh, dan akhirnya memilih berbicara sendiri dengan temannya. Dengan demikian hasil belajar PKn yang diperoleh siswa akan rendah pula. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran PKN pokok bahasan menyikapi pengaruh globalisasi melalui pembelajaran kontekstual di SDN. Tegalgede 01 Jember tahun ajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran PKN pokok bahasan menyikapi pengaruh globalisasi di SDN. Tegalgede 01 Jember tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan di SDN. Tegalgede 01 Jember. Subyek penelitian yaitu di kelas IVB dengan jumlah 31 siswa. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model Hopkins berbentuk spiral dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar siswa sebesar 65,92%, dan pada siklus II persentase hasil belajar siswa sebesar 75,19%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran PKn pokok bahasan menyikapi pengaruh globalisasi di SDN. Tegalgede 01 Jember Tahun Ajaran 2011/2012. Saran yang dapat dikemukakan adalah pembelajaran kontekstual dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran khususnya pada pembelajaran PKn dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa, membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran, disiplin dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas, ataupun untuk melatih daya nalar siswa dalam memecahkan suatu masalah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274045;
dc.subjectHasil Belajar Siswa Kelas, Pokok Bahasan Menyikapi Pengaruh Globalisasi, Pembelajaran Kontekstualen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN MENYIKAPI PENGARUH GLOBALISASI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SDN. TEGALGEDE 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record