Show simple item record

dc.contributor.authorEDWIN
dc.date.accessioned2013-12-05T06:26:20Z
dc.date.available2013-12-05T06:26:20Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4861
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dengan mengunakan media gambar Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kebnsari 04 Kecamatan Sumbersari, dimulai pada tanggal 2 Januari 2011 sampai tanggal 10 Januarir 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IVA dengan jumlah siswa 49 siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema Hopkins (dalam Sunardin, 2010:105) dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan Dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penggunaan media gambar pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi transportasi ini efektif karena dapat meningkatkan minat belajar siswa, kemampuan akademik dan aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar. Persentase hasil tes formatif mengalami peningkatan pada siklus I sampai dengan siklus II dari 73,46% menjadi 93,8%. Aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus I sampai dengan siklus II dari 76,3% menjadi 79,2%. Peningkatan aktivitas diatas, dapat dilihat bahwa dengan media gambar dapat meminimalisir kekurangan dari pembelajaran tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengunaan media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember pada siklus I sampai siklus II. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 73,46% atau sebanyak 36 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 93,8% atau sebanyak 46 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Saran dalam penelitian ini adalah bagi peneliti lain metode pembelajaran dengan media gambar dapat digunakan guru sebagai variasi pembelajaran yang bisa dicobakan dalam mengajar sub pokok bahasan yang lain dan kelas yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries07021070204024;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar IPS, Teknologi Transportasi, Media Gambaren_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRASPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 04 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record