Show simple item record

dc.contributor.authorBudi Setiawan
dc.date.accessioned2013-12-05T06:02:57Z
dc.date.available2013-12-05T06:02:57Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM100210274075
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4831
dc.description.abstractMetode ceramah yang selama ini selalu digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPS( Ilmu Pengetahuan Sosial) hanya menuntut guru untuk aktif,sedangkan siswa hanya diam mendengarkan penjelasan guru, tidak ada yang menarik untuk meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran IPS,sehingga hasil belajar IPS juga kurang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Ingin meningkatkan minat belajar siswa dengan menerapkan metode diskusi kelompok pada siswa kelas IV SDN Plalangan 04 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. (2) Ingin meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Plalangan 04 Kecamatan Kalisat selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Plalangan 04 kelas IV yang terdiri dari 20 siswa, 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui teknik non tes dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa teknik non tes (observasi/pengamatan), sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 23 Pebruari sampai dengan 14 Maret 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Plalangan 04 Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa minat belajar siswa dan hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase minat belajar siswa selama pembelajaran unsur-unsur peta dengan menggunakan metode diskusi kelompok adalah : pada siklus I prosentase hasil minat belajar siswa dengan kriteria minat sebesar 45 % ; siklus II sebesar 90 %. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 10 % siswa dengan kriteria hasil belajar kurang, 35 % dengan kriteria hasil belajar cukup. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 90 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan minat dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan unsur-unsur PETA dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, efisien dan tepat. Saran yang dapat disampaikan dari penelitian ini setiap guru yang akan mengajar hendaknya menyesuaikan metode pembelajaran dengan materi yang akan diajarkan, sehingga hasil belajar yang diperoleh lebih baik dan tujuan yang diinginkan tercapai. Metode diskusi kelompok sangat tepat digunakan dalam pembelajaran IPS, terutama untuk anak usia berfikir konkrit , dalam pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok dapat melatih siswa untuk berfikir kreatif, aktif, dan menyenangkan. Media pembelajaran sangat penting sebagai wahana penyampaian materi pada siswa, untuk itu hendaknya setiap sekolah melengkapi media yang diperlukan untuk proses belajar mengajar. Sumber bahan yang digunakan guru harus bervariasi, agar pengetahuan siswa tidak bersumber dari satu buku saja.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274075;
dc.subjectMinat dan Hasil Belajar IPS, Metode Diskusi Kelompok, Bahasan Unsur-Unsur PETAen_US
dc.titlePENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA POKOK BAHASAN UNSUR – UNSUR PETA PADA SISWA KELAS IV SDN PLALANGAN 04en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record