dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, persentase aktivitas siswa
( a p ) = 54,24%, yang tergolong keaktifannya sedang dan persentase ketuntasan
belajar sebesar 73,91% yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara
klasikal. Dalam hal ini persentase ketuntasan hasil belajar belum mencapai 75%,
sehingga perlu dilakukan perbaikan langkah-langkah pembelajaran pada siklus 2.
Pada siklus 2, persentase aktivitas siswa sebesar ( a p ) = 73,09%, yang tergolong aktif
dan persentase ketuntasan belajar hasil belajar sebesar 82,61%, yang tergolong telah
mencapai kentuntasan belajar secara klasikal.
Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan pendekatan SAVI pada pembelajaran IPA pokok bahasan cahaya dan
sifat-sifatnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN
Karanganyar 01 Ambulu Kabupaten Jember. Adapun saran yang dapat diberikan
berdasarkan penelitian ini adalah pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan
SAVI sebaiknya dapat dijadikan guru sebagai alternatif strategi pembelajaran di
kelas, guru harus lebih selektif memilih materi materi yang cocok untuk pendekatan
SAVI, agar hasil belajar yang dicapai maksimal maka guru harus mempersiapkan
media pembelajaran dan bahan ajar secara tepat, guru lebih memberikan perhatian
pada siswa yang kurang memahami materi, guru lebih menguasai empat komponen
dalam pendekatan SAVI agar dapat mencapai hasil yang maksimal dan penelitian ini
dapat menjadi masukan bagi guru dan peneliti lain dalam mengembangkan
pembelajaran di kelas. | en_US |