Show simple item record

dc.contributor.authorBAYU SETIAWAN
dc.date.accessioned2013-12-05T05:35:36Z
dc.date.available2013-12-05T05:35:36Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204031
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4789
dc.description.abstractFakta yang terjadi di lapangan, mayoritas siswa Sekolah Dasar kurang termotivasi untuk mengikuti pelajaran IPS. Berdasarkan observasi yang penelit i lakukan di SDN Suger Kidul 01 terdapat permasalahan yaitu hasil belajar siswa yang masih rendah dan siswa cenderung pasif dan bosan karena metode yang digunakan guru cenderung monoton. Banyak menggunakan ceramah dan hafalan. Oleh karena itu penelit i menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CooperativeCooperative (Co-Op Co-Op) untuk menarik minat dan perhatian siswa terhadap mata pelajaran IPS. Dalam penelit ian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat pada siswa kelas IV SDN Suger Kidul 01 Jember? Oleh karena itu, penelit ian ini bertujuan untuk meningkatkan mot ivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat? Penerapan model pembelajaran kooperatif t ipe Cooperative-Cooperative (CoOp Co-Op) pada intinya mengharuskan siswa untuk mengerjakan permasalahan yang disediakan secara berkelompok sehingga siswa dapat belajar untuk bekerjasama dan bertukar pikiran mengenai masalah yang ada. Sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan adanya peningkatan mot ivasi belajar siswa diharapkan dapat berdampak pada kemampuan siswa dalam mengerjakan soal yang menyebabkan hasil belajar dapat meningkat . Penelit ian ini dilaksanakan di SD Negeri Suger Kidul 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Adapun subjek penelit ian adalah siswa Kelas IV yang berjumlah 28 siswa. Penelit ian ini merupakan penelit ian t indakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 1 Juni 2012 sampai 9 Juni 2012. Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil penelit ian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran kooperatif t ipe Cooperative-Cooperative (Co-Op Co-Op) pada pokok bahasan pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat terlaksana dengan lancar dan terdapat peningkatan mot ivasi dan hasil belajar siswa. Penelit ian ini terdiri atas 2 siklus. Motivasi siswa mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Persentase motivasi siswa adalah 78% pada siklus I dan meningkat menjadi 82,1% pada siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus I adalah 78,57% dan meningkat sebesar 85,71% pada siklus II. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan model kooperatif t ipe Co-Op Co-Op dapat meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif t ipe Cooperative-Cooperative (Co-Op Co-Op) sebaiknya guru menyiapkan perangkat pembelajaran dengan cermat terutama dalam pembuatan LKS sehingga dapat mengoptimalkan kegiatan pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204031;
dc.subjectMotivasi Dan Hasil Belajar Siswa, Masalah Sosial, Cooperative-Cooperative, Media Gambaren_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI TIPE COOPERATIVE- COOPERATIVE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI SUGER KIDUL 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record