Show simple item record

dc.contributor.authorDEWI KURNIAWATI
dc.date.accessioned2013-12-05T05:26:53Z
dc.date.available2013-12-05T05:26:53Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210274051
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4770
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan pada siswa kelas V SDN Mayangan 03, untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam menulis laporan pada siswa kelas V SDN Mayangan 03, untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa kelas V SDN Mayangan 03 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode karya wisata. Penelitian ini dilakukan di SDN Mayangan 03 kelas V yang terdiri dari 34 siswa, diantaranya 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis Penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 8 Maret 2011 sampai 15 Maret 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Mayangan 03 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan tes individu. Berdasarkan data yana diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran menulis laporan pengamatan dengan menggunakan metode karyawisata adalah : Pada siklus I prosentase hasil belajar siswa ada 50% dengan kriteria baik dan 50% dengan kriteria kurang baik. Dan prosentase aktivitas siswa 60%. Pada siklus II prosentase hasil belajar siswa naik menjadi 82% dengan kriteria baik dan dengan kriteria kurang baik turun menjadi 18%. Serta prosentase aktivitas siswa naik menjadi 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar sisswa pada materi menulis laporan pengamatan dengan metode karyawisata yang dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274051;
dc.subjectKemampuan Menulis Laporan Pengamatan, Metode Karyawisataen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN DENGAN METODE KARYAWISATA PADA SISWA KELAS V SDN MAYANGAN 03 GUMUKMAS JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record