Show simple item record

dc.contributor.authorDessy Priyatiningtyas
dc.date.accessioned2013-12-05T05:19:03Z
dc.date.available2013-12-05T05:19:03Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204071
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4758
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 05 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember pada tanggal 23 Februari 2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kebonsari 05 pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011, sebanyak 20 siswa swbagai responden penelitian. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini menggunakan model skema penelitian Hopskin dimana penelitian tindakan dilaksanakan dengan sistem spiral. Pelaksanaan terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi,tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan untuk menghitung persentase peningkatan aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa bedasarkan hasil observasi dan hasil tes. Penggunaan media VCD yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan memperlihatkan sampul kaset yang bergambarkan timun mas, VCD ditayangkan melalui layar LCD, tampilan gambar kaset VCD diperbesar, dan volume suara diperbesar. Hasil peningkatan keterampilan berbicara setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media VCD pada siklus I mencapai 35% atau 7 siswa yang mengalami ketuntasan belajar dan pada siklus II mencapai 90% atau 18 siswa yang mengalami ketuntasan belajar. Dari analisis hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan kegiatan berbicara dengan menggunakan media VCD dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III SDN Kebonsari 05 Jember dalam bercerita. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diberikan saran kepada: (1) siswa hendaknya lebih meningkatkan minatnya terhadap sastra : (2) guru hendaknya menggunakan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara melalui bercerita dan memotivasi siswa untuk berkarya ; (3) peneliti selanjutnya menggunakan hasil penelitian ini sebagai masukan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204071;
dc.subjectKeterampilan Berbicara, Peristiwa yang dilihat, Media VCDen_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA TERHADAP PERISTIWA YANG DILIHATNYA MELALUI MEDIA VCD SISWA KELAS 3 SDN KEBONSARI 05 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record