Show simple item record

dc.contributor.authorALFIAN NUR ALIFAN DINI
dc.date.accessioned2013-12-05T05:07:30Z
dc.date.available2013-12-05T05:07:30Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4739
dc.description.abstractIlmu pengetahuan sosial di sekolah merupakan mata pelajaran yang memadukan konsep-konsep dasar dari berbagai ilmu sosial yang disusun melalui pendekatan pendidikan dan psikologis serta kelayakan dan kebermaknaannya bagi siswa dan kehidupannya. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus untuk mencapai tujuan dari IPS. Pembelajaran IPS di sekolah dasar pada umumnya masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah. Berdasarkan hasil observasi di SDN Karang Paiton jember, terdapat permasalahan yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV masih kurang memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh SDN Karang Paiton Jember. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ini adalah melalui model pembelajaran Kontekstual menggunakan media mainan dan kartu gambar topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini melalui model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media mainan dan kartu gambar di SDN Karang Paiton Jember semester dua tahun pelajaran 2011-2012?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini melalui model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media mainan dan kartu gambar di SDN Karang Paiton Jember semester dua tahun pelajaran 2011-2012. Hipotesis pada penelitian ini adalah jika guru menerapkan model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media mainan dan kartu gambar pada mata pelajaran IPS topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini maka aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karang Paiton semester dua tahun pelajaran 2011/2012 akan meningkat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Karang Paiton Jember tahun ajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 30 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa nilai siswa sebelum penelitian, nilai siswa pada akhir tes siklus 1 dan 2, analisis aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran serta jawaban siswa dan guru terhadap wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 November 2011 – 29 Februari 2012. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Kontekstual menggunakan media mainan dan kartu gambar pada mata pelajaran IPS topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini pada siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2011-2012 dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 59%, sedangkan pada siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa mencapai 76%. Selanjutnya hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 57% siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus 2 siswa yang tuntas mencapai 87 %. Berdasarkan persentase tersebut maka penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual menggunakan media mainan dan kartu gambar pada mata pelajaran IPS topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karang Paiton Jember. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan agar penerapan model pembelajaran kontekstual selain dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dianggap cocok digunakan dalam pembelajaran di kelas, khususnya mata pelajaran IPS, juga dapat dijadikan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran yang lebih kreatif sehingga dapat meningkatkan motivasi pembelajaran yang lebih inovatif dalam dunia pendidikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204042;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Topik Teknologi Transportasi Masa Lalu dan Masa Kini, Pembelajaran Kontekstual, Media Mainan dan Kartu Gambaren_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS TOPIK TEKNOLOGI TRANSPORTASI MASA LALU DAN MASA KINI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MAINAN DAN KARTU GAMBAR DI SDN KARANG PAITON JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record