dc.description.abstract | Sekolah sebagai salah satu pusat kegiatan belajar merupakan tempat untuk
mengembangkan aktivitas belajar. Aktivitas belajar siswa merupakan segala kegiatan
yang dilakukan siswa selama siswa mengikuti kegiatan pembelajaran yang telah
disusun berdasarkan rancangan pembelajaran. Aktivitas merupakan prinsip atau asas
yang sangat penting dalam interaksi belajar mengajar. Tanpa adanya aktivitas proses
belajar mengajar tidak dapat berlangsung dengan baik karena pada prinsipnya belajar
adalah berbuat. Aktivitas belajar pada siswa kelas IV SDN Gambor pada mata
pelajaran IPS tergolong kategori rendah, rendahnya aktivitas tersebut ternyata
berdampak pada hasil belajar siswa. Guru sebagai tenaga pendidik harus mampu
memecahkan permasalahan di kelas IV, oleh karena itu penelit i bersama guru
sepakat untuk menggunakan pembelajaran kooperatif model Cooperatif Integrated
Reading and Composition (CIRC) dengan media gambar untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan
Teknologi.
Dalam penelit ian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu bagaimanakah
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS materi
perkembangan teknologi melalui pembelajaran kooperatif model Cooperatif
Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media gambar di SDN Gambor
Banyuwangi tahun pelajaran 2011/2012. Oleh karena itu, penelit ian ini bertujuan
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS
materi perkembangan tekologi melalui pembelajaran kooperatif model Cooperatif
Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media gambar di SDN Gambor
Banyuwangi.
Penelit ian ini dilakukan di SDN Gambort dan pengambilan data dilakukan
pada tanggal 27 Januari 2011 sampai dengan 7 April 2012. Adapun subjek penelit ian
adalah siswa Kelas IV. Penelit ian ini merupakan penelit ian tindakan kelas dengan
pendekatan kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif. Sedangkan metode
pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan
tes.
Hasil penelit ian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran
kooperatif model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan
media gambar, aktivitas belajar siswa secara klasikal untuk tiap-tiap pertemuan
mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan 1 adalah
72,74% masuk kategori aktif. Persentase aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan 2
adalah 74,64% masuk kategori aktif. Persentase aktivitas siswa pada siklus 2
pertemuan 1 adalah 80,47% masuk kategori sangat aktif. Persentase aktivitas siswa
pada siklus 2 pertemuan 2 adalah 84,28% masuk kategori sangat aktif. Sedangkan
persentase hasil belajar siswa pada siklus I adalah 76,2% dan meningkat sebesar
92,86% pada siklus II. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif
model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media
gambar dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Saran dalam penelit ian ini adalah guru hendaknya dapat menggunakan media
gambar dan memanfaatkan media pembelajaran selain dari buku paket yang
digunakan sekolah. | en_US |