Show simple item record

dc.contributor.authorBAGUS INDRAJIT
dc.date.accessioned2013-12-05T04:08:38Z
dc.date.available2013-12-05T04:08:38Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204192
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4645
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 03 kls IVC Semester Genap Tahun 2010/2011 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember yang terdiri dari 31 siswa, 17 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus ada 2 pembelajaran, setiap pembelajaran pertama guru menggunakan model Quantum Teaching (TANDUR) dan pembelajaran ke dua sebagai pemantapan materi dan dilakukan tes akhir siklus. Sebelum melakukan penelitian peneliti melakukan Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis tes individu, dan tes kelompok. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 18 Februari sampai 22 Februari 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas IVC SD Negeri Sumbersari 03 Kecamatan sumbersari Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa secara klasikal. Hasil pengamatan peneliti diperoleh persentase aktivitas siswa adalah 48,3% pada siklus 1 dan 65,3% pada siklus 2. Persentase hasil belajar siswa adalah 65,3% pada siklus 1 dan 70,6% pada siklus 2. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa siswa kelas IVC telah mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar Sains. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Quantum Teaching dengan penerapan TANDUR dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran Sains pokok bahasan gaya. Dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan penerapan TANDUR dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Gaya. Hal ini dapat ditunjukkan dengan persentase aktivitas dan hasil tes akhir siklus 1 dan 2. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah model Qoantum Teaching (TANDUR) dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran sains sebagai upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204192;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Sains, Bahasan Gaya, Quantum Teaching (TANDUR)en_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS POKOK BAHASAN GAYA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING (TANDUR) PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record