dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana
implementasi strategi saluran distribusi surat kabar Jawa Pos dalam menghadapi
persaingan penjualan surat kabar pada PT. Jember Intermedia Pers. penelitian ini
dilakukan di PT. Jember Intermedia Pers dengan menggunakan metode penelitian
deskriptif dengan paradigm kualitatif mengenai implementasi strategi saluran
distribusi guna menghadapi persaingan surat kabar. Variabel-variabel strategi saluran
distribusi yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah strategi mitra kerja dengan
menggunakan tehnik analisis domain dan taksonomi. Domain merupakan tehnik
analisis yang mencari gambaran umu dan menyeluruh tentang situasi sosial obyek
penelitian, sedangkan taksoomi adalah tehnik analisis yang melihat keseluruhan data
yang terkumpul berdasarkan domain dan kemudian diuraikan secara lebih terperinci
serta mendalam. Penarikan kesimpulan dilakukan dengan menggunakan metode
induktif, yaitu penarikan kesimpulan yang berangkat dari hal-hal kecil. Setelah
melakukan analisa terhadap data yang diperoleh, kemudian mengacu kepada hal-hal
yang lebih umum agar maksud serta hasil penelitian lebih mudah dipahami oleh
umum. Kebenaran penelitian dilakukan dengan menggunakan tehnik trianggulasi,
yaitu tehnik keabsahan data dengan membandingkan perolehan data temuan dari
perusahaan dengan hasil wawancara yang dilakukan penulis kepada informan terkait
terhadap dengan pelaksanaan strategi saluran distribusi yaitu strategi mitra kerja. Dari
penelitian yang telah dilakukan dengan tehnik analisis yang telah ditetapkan maka
hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi saluran distribusi yang dijalankan
PT. Jember Intermedia Pers dapat dikatakan efektif ditunjukan dengan tingginya
oplah harian ditambah lagi dengan mampu menjadi Koran terbesar di tapal kuda.
Melihat dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa implementasi strategi saluran
distribusi yang dilakukan PT. Jember Intermedia Pers memiliki kecenderungan untuk
mampu menghadapi persaingan penjualan surat kabar. | en_US |