dc.description.abstract | Model pembelajaran Guided Discovery atau penemuan terbimbing
merupakan suatu model untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan
menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia dan
tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan siswa. Sedangkan tekateki
silang (cross puzzles) merupakan suatu kegiatan yang berisi panduan
pertanyaan atau definisi untuk tiap kata sebagai petunjuk pengisian kotak-kotak
putih yang kosong secara mendatar atau menurun dengan kata-kata berbeda.
Sehingga model pembelajaran Guided Discovery dengan pemberian tugas tekateki
silang merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran yang diterapkan di
dalam kelas. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan
motivasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery dan
pemberian tugas teka-teki silang (Cross Puzzles) pada mata pelajaran Biologi
siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Banyuanyar. (2) Untuk meningkatkan hasil
belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery dan
pemberian tugas teka-teki silang (Cross Puzzles) pada mata pelajaran Biologi
siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Banyuanyar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tempet penelitian di
SMP Negeri 1 Banyuanyar, Probolinggo. Sampel dalam penelitian ini adalah
siswa-siswi kelas VII E semester genap tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini
dilakukan pada bulan Mei tahun 2011. Data-data yang diambil dengan
menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data
yang digunakan adalah uji T-test. Sedangkan pengukuran motivasi siswa pada
penelitian ini dengan menggunakan angket ARCS. Angket ini diberikan sebelum
tindakan, setiap akhir siklus I dan akhir siklus II. Motivasi siswa yang diukur
terdapat 4 aspek terdiri dari Attitude, Relevance, Confidence,dan Satisfaction.
Analisis data menggunakan uji T-test menunjukkan bahwa terdapat
peningkatan motivasi siswa kelas VII E dengan menggunakan model
pembelajaran Guided Discovery dengan pemberian tugas teka-teki silang (cross
puzzles). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek attitude mengalami
kenaikan sebesar 2,22. Untuk aspek relevance mengalami peningkatan 1,2. Untuk
aspek confidence mengalami peningkatan 1,7. Sedangkan untuk aspek satisfaction
juga mengalami peningkatan sebesar 1,57. Selain itu, dari hasil analisis juga
diperoleh bahwa terdapat peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VII E
menggunakan model pembelajaran Guided Discovery dengan pemberian tugas
teka-teki silang (cross puzzles). Dalam aspek kognitif dari siklus I sampai siklus II
besar peningkatan 0,6. Sedangkan untuk ketuntasannya mengalami kenaikan
11,11%. Untuk nilai afektif juga mengalami peningkatan sebesar 2,4 dan
ketuntasan sebesar 5,61%. Sedangkan nilai psikomotorik juga terdapat
peningkatan 1,9 dengan peningakatan kentuntasan 5,55%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan motivasi dan
hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Banyuanyar dalam penerapan model
pembelajaran Guided Discovery dengan pemberian tugas teka-teki silang (Cross
Puzzles). | en_US |