Show simple item record

dc.contributor.authorSetiawan, Agung
dc.contributor.authorSutarto
dc.contributor.authorIndrawati
dc.date.accessioned2013-06-27T00:22:12Z
dc.date.available2013-06-27T00:22:12Z
dc.date.issued2013-06-27
dc.identifier.issn2301 - 9794
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/458
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak pembelajaran dengan metode praktikum pada hasil belajar fisika dan retensi hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dikenakan pada siswa kelas X-1 di SMA Negeri 1 Rambipuji. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi. Lokasi penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling area. Penelitian ini dikenakan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Rambipuji. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2012/2013. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian yaitu teknik dokumentasi, observasi, tes dan wawancara. Untuk mengkaji pengaruh metode praktikum terhadap hasil belajar fisika siswa digunakan teknik analisis “Paired Samples T-Test” dengan taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan program SPSS versi 16.0, untuk mendeskripsikan retensi hasil belajar fisika siswa digunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan setelah pembelajaran dengan metode praktikum terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X-1 SMA Negeri 1 Rambipuji; (2) Retensi hasil belajar fisika siswa di kelas X-1 SMAN 1 Rambipuji metode praktikum tergolong tinggi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseriesJURNAL PEMBELAJARAN FISIKA;Volume 1, Nomor 3, Desember 2012
dc.subjectMetode praktikum, hasil belajar, Retensi hasil belajaren_US
dc.titleMETODE PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN PENGANTAR FISIKA SMA : STUDI PADA KONSEP BESARAN DAN SATUAN TAHUN AJARAN 2012-2013en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record