dc.description.abstract | Penggunaan rangkuman materi sebagai lirik lagu merupakan model
pembelajaran dimana siswa diarahkan untuk merangkum materi dan menjadikan
hasil rangkuman tersebut sebagai lirik lagu yang digemarinya sehingga
memudahkan siswa untuk mengingat materi yang sedang dipelajarinya.
Penggunaan rangkuman maetri sebagai lirik bertujuan untuk mengetahui motivasi
dan hasil belajar siswa. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah 1) Untuk
mengetahui pengaruh penggunaan rangkuman materi sebagai lirik lagu pada
pembelajaran biologi terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Cluring.
2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan rangkuman materi sebagai lirik lagu
pada pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Cluring.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang mana
menggunakan seluruh subjek dalam kelompok belajar (intact group) untuk diberi
perlakuan (treatment), bukan menggunakan subjek yang diambil secara acak
(Samad, 2009)[Serial online]. Tempat penelitian Penelitian ini dilaksanakan di
SMA Negeri 1 Cluring,. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X5
dan X6 semester genap tahun ajaran 2010/2011.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan rangkuman materi
sebagai lirik lagu berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar aspek
Attention (p = 0,005), aspek Relevance (p = 0,001), aspek Convidance (p = 0,005),
aspek Satisfaction (p = 0,018). Dengan selisih rerata nilai motivasi kelas
eksperimen : kelas kontrol. Perbandingan selisih rerata nilai motivasi kelas
eksperimen : kelas kontrol adalah 1,07:-0,36 (untuk Attention Awal dan Attention
Akhir), 1,31 : 0,23 (untuk Relevance Awal dan Relevance Akhir), 1,07: -0,3
(untuk Convidance Awal dan Convidance Akhir) 1,24:-0,21 (untuk Satisfaction
Awal dan Satisfaction Akhir). Penggunaan rangkuman materi sebagai lirik lagu
berpengaruh signifikan terhadap nilai kognitif siswa dengan selisih rerata kelas
eksperimen : kontrol = 8,5 : 6,94 dan signifikasi 0,033, nilai psikomotor siswa
dengan selisih rerata kelas eksperimen : kontrol = 10,13 : 2,56 dan signifikasi >
0,063, pada nilai psikomotor tidak terjadi pengaruh yang signifikan hal ini
disebabkan karena kurangnya aktifnya siswa pada pembelajaran sehingga
menyebabakan nilai psikomotor menjadi rendah, selain itu peneliti kurang bisa
memotivasi siswa untuk lebih aktif lagi, nilai afektif siswa dengan selisih rerata
kelas eksperimen : kontrol = 11,34 : 12,09 dan signifikasi 0,002.
Penggunaan rangkuman materi sebagai lirik lagu pada SMA Negeri 1
Cluring pada SK ke-4, berpengaruh signifikan berpengaruh signifikan terhadap
motivasi belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Cluring yang mencakup
attention, relevance, convidance dan satisfaction. Penggunaan rangkuman materi
sebagai lirik lagu pada SMA Negeri 1 Cluring pada SK ke-4, berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif dan ranah afektif siswa kelas X
SMA Negeri 1 Cluring. Sedangkan hasil belajar pada ranah psikomotor
penggunaan rangkuman materi sebagai lirik lagu tidak berpengaruh signifikan
terhadap hasil belajar ranah psikomotor siswa kelas X SMA Negeri 1 Cluring. | en_US |