Show simple item record

dc.contributor.authorJaka Aditia Pramita
dc.date.accessioned2013-12-05T03:35:32Z
dc.date.available2013-12-05T03:35:32Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM060210302332
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4576
dc.description.abstractPada umumnya pembelajaran IPS di sekolah masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasifdalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi IPS di SMK AL-ISHLAH Mayang diperoleh informasi bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran IPS. Akibatnya rata-rata hasil belajar siswa masih berada dibawah standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran Kooperatif, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan penerapan Kooperatif Learning tipe NHT. Subyek penelitian ini adalahsiswakelas XI Semester Genap SMK AL-ISHLAH Mayang.Pengambilan data dimulai pada tanggal 14April Sampai 31 Mei. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model skema yang digunakan adalah model skema Hopkins dan dilaksanakan sebanyak dua siklus.Berdasarkan model skema Hopkins maka dikembangkan desain penelitian menggunakan prosedur kerja dari tindakan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada tiap akhir siklus diberikan tes akhi runtuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi yang telah dipelajari. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisa data merupakancara yang paling menentukan untuk menyusun dan mengolah data yang terkumpul, sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 40 Hasil penelitian ini adalah penerapan kooperatif learning tipe NHT pada kelas XI SMK AL-ISHLAH Mayang Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013 berjalan lancer dan baik. Hal ini bias dilihat dari hasil aktivitas dan hasil belajar siswa yang meningkat dari pembelajaran pertama sampai pembelajaran keempat. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa menunjukkan bahwa siswa menyukai pembelajaran yang diterapkan, yaitu kooperatif learning tipe NHT. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa penerapan kooperatif learning tipe NHT cukup efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas XI SMK AL-ISHLAH Mayang. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa pada tiap siklusnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210302332;
dc.subjectTipe Numbered Heads Together (NHT)en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XI SMK AL - ISHLAH MAYANG SEMESTER GENAP TAHUN TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record