Show simple item record

dc.contributor.authorHery Agus Cahyono
dc.date.accessioned2013-12-05T03:32:50Z
dc.date.available2013-12-05T03:32:50Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210302014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4569
dc.description.abstractTinggi rendahnya hasil belajar yang dicapai peserta didik dalam pembelajaran salah satunya ditentukan oleh metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik adalah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divission viii Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-D SMP Negeri 11 Jember semester genap tahun ajaran 2012-2013. Desain penelitian ini adalah menggunakan model penelitian tindakan Hopkins yang berbentuk spiral dengan beberapa tahapan tiap siklus, yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPS Pokok Bahasan Peristiwa Sekitar Proklamasi dan Proses Terbentuknya NKRI pada peserta didik dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VIII-D di SMP Negeri 11 Jember. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 44% menjadi 76,74 % pada siklus II. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPS Pokok Bahasan Peristiwa Sekitar Proklamasi dan Proses Terbentuknya NKRI pada peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII-D di SMP Negeri 11 Jember. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil ix belajar peserta didik dengan kriteria ketuntasan minimal 75% ketuntasan belajar secara klasikal. Pada pra siklus hasil belajar yang diperoleh peserta didik di kelas VIII-D secara klasikal sebesar 60,4%. Setelah dilaksnakan tindakan telah terjadi peningkatan hasil belajar yang diperoleh peserta didik di kelas VIII-D, yakni siklus I hasil belajar yang diperoleh peserta didik telah mencapai 72% dan meningkat menjadi 86% pada siklus II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210302014;
dc.subjectPeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPSen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-D SMP NEGERI 11 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012-2013 PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-D SMP NEGERI 11 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012-2013 PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-D SMP NEGERI 11 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012-20en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record