dc.description.abstract | Makalah ini akan merancang dan mengimplementasikan bagaimana karya sastra
Indonesia memungkinkan mahasiswa untuk mengeksplorasi nilai-nilai kebajikan dan
mendorong mereka untuk merefleksikannya melalui partisipasi dalam warga negara
demokrasi. Target partisipan adalah mahasiswa S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), khususnya yang mengambil mata kuliah Kajian IPS di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jawa Timur, Indonesia.
Dengan menggunakan pendekatan interdisipliner makalah ini akan memadukan karya
sastra Indonesia, baik fiksi maupun fiksi historis dalam pendidikan ilmu pengetahuan sosial.
Pengintegrasian diharapkan akan mengekspos mahasiswa terhadap para individu dan
kelompok karakter yang mencontohkan nilai-nilai kebajikan dalam situasi yang sulit dan
bahkan dramatis. Para individu dalam karakter baik karya fiksi maupun non-fiksi bekerja
keras karena keadaan sosial dan ekonomi dapat memperdalam pemahaman mahasiswa
tentang tindakan demokrasi dan nilai-nilai kebajikan warga negara. Nilai-nilai kebajikan ini
termasuk keberanian, pengharapan, optimisme, ambisi, inisiatip individu, cinta tanah air,
cinta keluarga, kepedulian terhadap lingkungan, dan kepekaan tindakan terhadap
ketidakadilan. Dengan mengkonter nilai-nilai kebajikan melalui medium sastra Indonesia
akan mempromosikan pemahaman mahasiswa tentang makna dan pentingnya moralitas
dalam kehidupan warga negara.
Selama keterlibatannya dalam lokakarya, partisipan akan memperdalam ilmu tentang
proses demokrasi and belajar bagaimana mengaplikasikannya dalam pembelajaran mereka sendiri. | en_US |