Show simple item record

dc.contributor.authorRISKI RAHNAWATI
dc.date.accessioned2013-12-05T03:16:18Z
dc.date.available2013-12-05T03:16:18Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM060910201062
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4531
dc.description.abstractDampak Sosial Ekonomi Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Telkom Kandatel Jember dengan Usaha Kecil Menengah (UKM) Mitra Binaan Triwulan Ke-II 2009 di Kabupaten Jember). Riski Rahnawati, 060910201062; 2011; Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember Progam Kemitraan adalah progam untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil dalam bentuk pinjaman untuk modal usaha maupun pembelian perangkat penunjang produksi agar usaha kecil menengah menjadi tangguh dan mandiri oleh BUMN dalam penelitian ini adalah PT. Telkom Kandatel Jember sebagai wujud tanggung jawab social perusahaan (CSR) nya. Permasalahannya adalah dalam pengimplementasian Program Kemitraan oleh PT. Telkom Kandatel Jember telah berhasil dilaksanakan,dan masih belum diketahuinya dampak sosial dan dampak ekonomi bagi UKM Mitra Binaannya. Untuk mengetahui dampak sosial dan dampak ekonomi dalam program ini penulis menggunakan evaluasi program ex-post evaluation yang disampaikan Inayatullah, Ex-post evaluation yaitu evaluasi yang dilaksanakan setelah pelaksanaan rencana berakhir, yang diarahkan untuk melihat apakah pencapaian (keluaran/hasil/dampak) sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Untuk mengukur dampak sosial menggunakan indikator : (1) manfaat program yang dirasakan oleh masyarakat, (2) kepercayaan diri peserta program untuk berpendapat, (3) peningkatan kemempuan berinteraksi sosial (kerja sama) antar UKM Mitra Binaan, (4) ketergantungan masyarakat (UKM) terhadap program. Sedangkan untuk mengukur dampak ekonomi menggunakan indikator: (1) kondisi pendapatan masyarakat setelah mendapatkan dana bantuan dari program pengembangan usaha kecil menengah,(2) kondisi usaha dilihat dari jumlah pegawai setelah menerima program, (3) kondisi usaha dilihat dari jumlah produk atau omset penjualan setelah menerima program. Melalui model deskriptif dengan jenis data kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus, penelitian ini menetapkan informan secara purposive dengan melakukan observasi partisipasi pasif, wawancara dengan informan yang ditentukan sesuai dengan criteria informan, dokumentasi serta triangulasi. Sementara itu dalam proses analisis data, penelitian ini menggunakan metode interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil pembahasan yang dilakukan diketahui bahwa Program Kemitraan PT. Telkom Kandatel Jember memiliki pengaruh dan dampak yang positif dari segi sosial walaupun belum maksimal dan dampak ekonomi berpengaruh sangat signifikan hal tersebut dapat dilihat dari penghasilan, omset,serta jumlah tenaga kerja UKM yang semakin meningkat dibandingkan sebelum menerima program Kemitraan dari PT. Telkom Kandatel Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060910201062;
dc.subjectPENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAHen_US
dc.titleDAMPAK SOSIAL EKONOMI PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (Studi Kasus Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Telkom Kandatel Jember dengan Usaha Kecil Menengah (UKM) Mitra Binaan Triwulan Ke- II 2009 di Kabupaten Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record