dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tembokrejo 04 kelas IV yang terdiri 20
siswa, 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi empat
kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan
jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik
pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan
data dilaksanakan mulai tanggal 01 April 2011 sampai dengan 20 April 2011. Subyek
penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Tembokrejo 04 Tahun Pelajaran
2010/2011. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru
dan tes individu. Persentase aktivitas siswa secara klasikal dari siklus I pertemuan I
sebesar 30% pertemuan II sebesar 65%. Siklus II pertemuan I sebesar 75%,
pertemuan II sebesar 95%. Persentase keaktifan guru untuk tiap-tiap pertemuan
sebagai berikut, siklus I pertemuan I mencapai 75,56%, pertemuan II 86,67%. Siklus
II pertemuan I mencapai 91,11%, pertemuan II 97,78%. Ketuntasan belajar siswa siklus
1 pertemuan 1 sebesar 40%, pertemuan II sebesar 50 %. Pada siklus 2 pertemuan I 70%,
pertemuan II sebesar 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami
peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi operasi hitung penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat. Penerapan pembelajaran model Numbered Head
Together (NHT) dan media kancing berwarna dapat meningkatkan hasil belajar
siswa, menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk
belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta saling bekerja
sama sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa. | en_US |