Show simple item record

dc.contributor.authorSamsuni
dc.date.accessioned2013-12-05T03:03:05Z
dc.date.available2013-12-05T03:03:05Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM060210301097
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4500
dc.description.abstractPendidikan mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas SDM agar menjadi manusia yang lebih berkualitas, tangguh, kreatif mandiri dan professional yang dilakukan oleh Asian South Pasific Beurau Of Adult Education (ASPABAE) and Global Compaign Of Education (2005) kualitas pendidikan di Indonesia menduduki peringkat 10 dari 14 negara berkembang di kawasan Asia Pasifik. Rangking pertama diduduki Thailand, kemudian Sri Langka, Filipina, Cina, Vietnam, Bangladesh, Kamboja, India, Indonesia, Nepal, Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan Pakistan. Oleh karena itu, mutu pendidikan perlu selalu ditingkatkan, Mengingat saat ini yang berlaku dalam sistem pendidikan di Indonesia adalah kurukulum tingkat satuan pendidikan, maka buku-buku teks yang hendak disusun maupun telah diterbitkan harus disesuaikan dengan kurikulum yang ada. Oleh karena itu, penyusunan buku teks erat hubungannya dengan kurikulum yang berlaku meskipun tingkat kesesuaian atau relevansinya tidak selalu sama pada setiap buku teks yang disusun. Menurut Tarigan (1986:66) bahwa “Pendapat yang umum diikuti dan logis ialah kurikulum mendahului buku teks kemudian pengarang menulis buku teks yang relevan dengan kurikulum”. Hal ini, dimaksudkan agar buku-buku teks yang ada dapat membantu peserta didik sekaligus pengajar dalam proses belajar mengajar dan materi-materi yang disampaikan tidak menyimpang dari standar isi yang ada dalam KTSP. Pada saat ini, ada berbagai macam buku teks ekonomi yang beredar dan seluruhnya bertujuan untuk membantu pelaksanaan KTSP misalnya buku teks terbitan Yudhistira, JPBOOK dan lain-lain.Namun yang menjadi permasalahannya, buku teks ekonomi yang ada, khususnya buku teks untuk SMA sesuai dengan kurikulum KTSP.Buku teks strategis sebagai media dan sumber belajar dalam vii mengajar ekonomi di Sekolah Menengah Atas. Adanya ketersediaan buku teks dalam implementasi kurikulum dan sebagai bahan belajar akan memungkinkan peserta didik untuk mencapai tujuan pengajaran. Berdasarkan hal itu,permaasalah dalam penelitian ini adalah:Bagaimana tingkat kesukaran pada latihan soal-soal dalam buku teks ekonomi yang digunakan di SMA Plus Al Hasan Kemiri Panti Jember kelas X Semester II tahun ajaran 2011/2012. Penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Plus Alhasan Kemiri, Panti, Jember, tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi, Analisa data yang dipakai adalah analsisi isi dengan teknik pendekatan Deskriptif Kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan kondisi yang ada pada latihan soal-soal dalam buku teks ekonomi SMA Plus Al Hasan Kemiri Panti Jember kelas X semester II tahun ajaran 2012/2013 dengan KTSPAnalisis Deskriptif Kualitatif dapat dibantu dengan instrumen berupa matriks analisa isi yang mengacu pada rumusan dan tujuan penelitian. Penggunaan matrik analisa isi dengan memberi tanda-tanda check list (√) pada tiap kategori yaitu daftar variabel yang akan dikumpulkan datanya dan dipersentasikanAnalisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis item point tingkat kesukaran. Soal yang dianalisis dalam penelitian ini adalah Soal Latihan Dalam Buku Teks Ekonomi.Hasil yang diperoleh dari perhitungan tingkat kesukaran item soal akan digunakan untuk menganalisis proporsi soal yang mudah, sedang dan sukar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa soal Pilihan Ganda yang diujikan pada ujian tengah semester mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Plus Al Hasan, Kemiri, Panti semester ganap tahun ajaran 2011-2012 sudah tidak lagi membutuhkan perbaikan. Soal yang dikerjakan oleh siswatelah valid, sudah memiliki tingkat kesukaran yang cukup. Tingkat kesukaran pada latihan soal-soal dalam buku teks ekonomi yang digunakan di SMA Plus Al Hasan Kemiri Panti Jemberkelas X Semester II tahun ajaran 2011/2012 termasuk kategori Mudah dan Sedang, hasil analisis ini diperkuat oleh uji validitas data yang digunakan dan reabilitas dari hasilen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301097;
dc.subjectTingkat Kesukaran Soalen_US
dc.titleANALISIS TINGKAT KESUKARAN SOAL DALAM BUKU TEKS EKONOMI PADA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMA PLUS ALHASAN KEMIRI PANTI JEMBER KELAS X SEMESTER II TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record