Show simple item record

dc.contributor.authorNOERMA ELYA PUTRI
dc.date.accessioned2013-12-05T02:57:19Z
dc.date.available2013-12-05T02:57:19Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210391034
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4488
dc.description.abstractSalah satu pelaku pembelajaran yakni guru, dituntut untuk memainkan peran penting terutama dalam membantu peserta didik untuk membangun sikap positif dalam belajar. Faktor yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran di sekolah adalah kemampuan guru dalam mengelola kelas. Kemampuan guru mengelola kelas berkaitan dengan penciptaan iklim kelas yang kondusif. Oleh karena itu, kelas harus dikelola dengan baik agar tercipta suasana yang menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran. Akan tetapi tidak semua guru dapat mengelola kelas dengan baik seperti yang dialami oleh guru ekonomi SMA Favorit NU Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi . Guru ekonomi di SMA Favorit NU Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi sering mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Beberapa faktor yang menyebabkan kesulitan guru ekonomi dalam pembelajaran di kelas berasal dari pihak guru, dan pihak siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan daerah penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di SMA Favorit NU Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive, dengan beberapa syarat yaitu, guru ekonomi SMA Favorit NU Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran ekonomi ketika mengajar yaitu sebanyak 3 responden. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumen. Anal isis data pada vii penelitian ini antara lain pengumpulan data mentah, reduksi data, display data, dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa beberapa faktor yang menyebabkan kesulitan guru ekonomi dalam pembelajaran di kelas berasal dari pihak guru dan siswa. Guru ekonomi di SMA Favorit NU Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi tidak mampu mengelola waktu pembelajaran dengan baik, dan kurang siapnya guru dalam menyiapkan media pembelajaran, kemudian guru juga mengalami kesulitan dalam melaksanakan RPP. Selain itu, faktor yang menyebabkan kesulitan guru ekonomi dalam mengajar di kelas adalah dari pihak siswa yang meliputi sikap terhadap belajar, siswa tidak mempunyai buku paket ekonomi dan konsentrasi belajar. Jadi, dengan adanya beberapa faktor tersebut dapat membuat guru merasa kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran ekonomi di SMA Favorit NU Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Untuk mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut guru ekonomi di SMA Favorit NU Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi melakukan berbagai upaya untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Seperti menggunakan media gambar yang sesuai dengan materi yang dapat menarik minat siswa, guru membuat diktat mata pelajaran ekonomi untuk siswa, serta merubah cara mengajar yang awalnya menggunakan metode ceramah, mereka merubahnya dengan metode diskusi dan tugas, sehingga materi yang ditargetkan dapat terselesaikan secara keseluruhan. Kata Kunci: Kesulitan Pembelajaranen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210391034;
dc.subjectKesulitan Pembelajaranen_US
dc.titleFAKTOR-FAKTOR KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN EKONOMIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record