dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses penerapan model
pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining yang dapat
meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa dan meningkatan kemampuan
membaca puisi siswa kelas IV SDN 03 Slawu Kecamatan Patrang Kabupaten
Jember. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang
dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahap
tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Pengumpulan data dengan menggunakan tekhik observasi, tes,dan wawancara
Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 30 Mei 2011 sampai dengan
tanggal 2 Juni 2011 dengan jumlah siswa 211 yang terdiri dari 11 perempuan dan 10
laki-laki.Berdasarkan hasil observasi Pada siklus I mengalami peningkatan dibanding
tes awal sebesar 52,38% dan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 80,95
dari hasil tes siklus I.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Proses penerapan model pembelajaran
Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan
membaca puisi siswa kelas IV SDN 03 Slawu Kecamatan Patrang Kabupaten Jember
karena tema puisi disesuaikan dengan suasana dan kondisi anak (2) Hasil belajar
siswa pembelajaran membca puisi dapat ditingkatkan melalui model pembelajaean
koopertif student Facilitator and Explaining apabila tema puisi disesuaikan dengan
suasana dan kondisi anak dalam mengikuti pembelajaran.
Adapun saran dalam penelitian yakni memahami, mengetahui dan menerapkan
model pembelajaran ini dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe lainnya karena dapat memberikan pengaruh
trerhadap pembelajaran yang dilakukan serta dapat menjadi perbandingan yang
efektif. | en_US |