Show simple item record

dc.contributor.authorFAIQOTUL TRI WARDANI
dc.date.accessioned2013-12-05T02:49:18Z
dc.date.available2013-12-05T02:49:18Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210391058
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4465
dc.description.abstractHasil belajar yang optimal menjadi harapan setiap siswa, termasuk siswa kelas XI IPS MAN Lumajang. Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Faktor internal bersumber dari dalam diri siswa sendiri, seperti minat belajar dan konsentrasi belajar, sedangkan faktor eksternal bersumber dari lingkungan keluarga dan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan faktor eksternal yang mendorong siswa untuk belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS MAN Lumajang tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian lokasi penelitian menggunakan metode purposive yaitu pemilihan lokasi yang ditentukan secara sengaja sesuai dengan tujuan penelitian. Penentuan responden penelitian menggunakan metode random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumen, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, efektifitas garis regresi, uji F, dan uji t yang dibantu dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa faktor internal dan faktor eksternal yang mendorong siswa untuk belajar mempunyai pengaruh yang signifikansi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas XI IPS MAN Lumajang tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan dengan R sebesar 0,776 berarti bahwa faktor internal dan faktor eksternal yang mendorong siswa untuk belajar terhadap hasil belajar siswa mempunyai pengaruh sebesar 77,6%, selebihnya sebesar 22,4% vii square dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil perhitungan uji F, diperoleh hasil F hitung sebesar 84,890 dan F viii tabel sebesar 3,17 dimana F dengan taraf signifikansi 0,000 sehingga faktor internal dan faktor eksternal secara simultan mempunyai pengaruh nyata terhadap hasil belajar. Secara parsial faktor internal yang mendorong siswa untuk belajar memiliki proporsi sumbangan terbesar yaitu sebesar 64,11 %, sedangkan faktor eksternal memiliki proporsi sumbangan yaitu sebesar 13,49%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah faktor internal dan faktor eksternal yang mendorong belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas XI IPS MAN Lumajang tahun pelajaran 2012/2013 Faktor internal berpengaruh dominan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas XI IPS MAN Lumajang. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah pada diri siswa image negatif terhadap akuntansi harus dihilangkan. Hal ini perlu ditanamkan pada diri siswa sendiri bahwasanya faktor internal dalam belajar memang sangat penting. Selain itu siswa juga tidak mengabaikan faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210391058;
dc.subjectFaktor Internal dan Faktor Eksternalen_US
dc.titlePENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL YANG MENDORONG SISWA UNTUK BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS MAN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record