dc.description.abstract | Mahasiswa dalam menempuh studi di Perguruan Tinggi pasti dihadapkan
pada berbagai masalah. Salah satu permasalahan yang dialami oleh mahasiswa
adalah pemilihan konsentrasi. Mahasiswa akan berusaha memilih konsentrasi
yang dianggap paling tepat, karena pemilihan konsentrasi yang tepat diharapkan
mampu mewujudkan cita-cita dimasa yang akan datang. Perencanaan studi yang
baik akan menjamin akan keberhasilan mahasiswa. Tidak jarang mahasiswa
dalam hal ini mereka membutuhkan pertimbangan-pertimbangan yang matang
sebelum memilih konsentrasi. Mereka akan menilai dan mengenali akan
kemampuan yang dimilikinya serta kelebihan yang ada pada dirinya. Pemilihan
konsentrasi selain melibatkan akan potensi atau kemampuan juga dukungan dari
pihak luar seperti keluarga sangat dibutuhkan.
Pertimbangan dari dalam diri sendiri atau faktor internal dan juga dari luar
yaitu faktor eksternal sangat berpengaruh terhadap keputusan memilih
konsentrasi. Faktor internal yang diteliti meliputi,
Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP
Universitas Jember Jalan Kalimantan III /3 Jember. Metode penentuan lokasi
penelitian menggunakan metode Purposive area yaitu tempat penelitian
ditentukan secara sengaja dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu.
viii
Mahasiswa yang akan menjadi responden penelitian ini didasarkan pada metode
random sampling sebanyak 57 mahasiswa. Metode pengumpulan data melalui
metode angket, dan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan adalah
analisis inferensial yaitu analisis regresi linier berganda, analisis varians garis
regresi, efektifitas garis regresi, uji F dan uji t.
Hasil penelitian membuktikan bahwa faktor internal dan eksternal
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan memilih konsentrasi
Pendidikan Ekonomi akuntansi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan
Ekonomi konsentrasi Pendidikan Ekonomi akuntansi tahun akademik 2008, 2009
dan 2010. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana F
yaitu sebesar 78,650
≥
3,16 dengan taraf signifikansi 0,0000. Koefisien
determinasi
square
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan adalah
bahwa faktor internal dan faktor eksternal telah terbukti mempengaruhi keputusan
mahasiswa memilih konsentrasi Pendidikan Ekonomi akuntansi. Variabel bebas
faktor internal berpengaruh dominan terhadap keputusan memilih konsentrasi
Pendidikan Ekonomi akuntansi yaitu sebesar 45,3%. | en_US |