dc.description.abstract | Fisika merupakan bagian dari IPA yang mempelajari gejala-gejala yang
terjadi di alam. Pelajaran fisika yang diberikan di sekolah bertujuan untuk
membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan agar siswa mampu
memecahkan berbagai permasalahan terkait dengan alam dan perkembangan
teknologi yang ada.
Berdasarkan hasil observasi awal, didapatkan data tentang aktivitas belajar
dan keterampilan proses siswa selama mengikuti pembelajaran, terdapat 41,67%
aktif memperhatikan penjelasan guru; 34,52% aktif mencatat; 35,71% aktif
mengikuti diskusi; 32,14% aktif mengerjakan soal; 11,90% aktif bertanya dan
8,33% aktif menjawab. Selain itu, untuk keterampilan proses siswa diperoleh data
50% siswa menyusun hipotesis, 47,62% menentukan variabel, 65,48% mengisi
tabel data, 45,24% menganalisis data, 53,57% siswa mampu membuat kesimpulan
dan 58,33% siswa aktif melaksanakan eksperimen. Untuk hasil belajar siswa kelas
X-E juga masih rendah, dari hasil analisis nilai ulangan harian mata pelajaran
fisika, diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,3.
Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pada proses
pembelajaran. Melalui penerapan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share)
disertai metode eksperimen diharap bisa mengatasi permasalahan di kelas X-E.
Model pembelajaran ini selain membimbing siswa berpikir secara individu, juga
melatih siswa untuk bekerja sama di dalam kelompok. Selain itu, penerapan
metode eksperimen juga diharapkan dapat membuat siswa lebih aktif dan
vii
membantu mengembangkan keterampilan proses sains siswa selama
pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar fisika selama menggunakan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share)
disertai metode eksperimen pada siswa kelas X-E MAN 1 Jember, (2) untuk
mendeskripsikan aktivitas belajar fisika selama menggunakan model kooperatif
tipe TPS (Think Pair Share) disertai metode eksperimen pada siswa kelas X-E
MAN 1 Jember, dan (3) untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses
fisika setelah menggunakan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) disertai
metode eksperimen pada siswa kelas X-E MAN 1 Jember.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas X-E MAN 1 Jember tahun ajaran 2012/2013. Penelitian
dilaksanakan mulai tanggal 06 Oktober 2012 sampai dengan 18 Mei 2013. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru, aktivitas
belajar siswa serta keterampilan proses siswa selama proses pembelajaran, dan
hasil belajar berupa skor post test yang dilaksanakan pada akhir masing-masing
siklus, serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa.
Secara keseluruhan dari hasil observasi untuk aktivitas siswa telah
mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Untuk keterampilan proses sains,
penilaian dilakukan terhadap hasil lembar kerja yang diberikan selama kegiatan
eksperimen dengan N-Gain 0.431 dan 0.574 . Untuk hasil belajar siswa juga
mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0.30 dan N-Gain 0.35 yang
termasuk dalam kategori sedang.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar,
aktivitas, dan keterampilan proses pada masing-masing siklus secara keseluruhan
mengalami peningkatan. Dari hasil di atas menunjukkan model kooperatif tipe
TPS (Think Pair Share) disertai metode eksperimen dapat digunakan sebagai
alternatif pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam mengikuti
kegiatan pembelajaran serta dapat membantu mengembangkan keterampilan
proses sains siswa dengan diterapkannya metode eksperimen dalam pembelajaran. | en_US |