Show simple item record

dc.contributor.authorYuliana Sandra Dewi
dc.date.accessioned2013-12-05T02:16:20Z
dc.date.available2013-12-05T02:16:20Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM090210102012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4408
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari IPA yang mempelajari gejala-gejala yang terjadi di alam. Pelajaran fisika yang diberikan di sekolah bertujuan untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan agar siswa mampu memecahkan berbagai permasalahan terkait dengan alam dan perkembangan teknologi yang ada. Berdasarkan hasil observasi awal, didapatkan data tentang aktivitas belajar dan keterampilan proses siswa selama mengikuti pembelajaran, terdapat 41,67% aktif memperhatikan penjelasan guru; 34,52% aktif mencatat; 35,71% aktif mengikuti diskusi; 32,14% aktif mengerjakan soal; 11,90% aktif bertanya dan 8,33% aktif menjawab. Selain itu, untuk keterampilan proses siswa diperoleh data 50% siswa menyusun hipotesis, 47,62% menentukan variabel, 65,48% mengisi tabel data, 45,24% menganalisis data, 53,57% siswa mampu membuat kesimpulan dan 58,33% siswa aktif melaksanakan eksperimen. Untuk hasil belajar siswa kelas X-E juga masih rendah, dari hasil analisis nilai ulangan harian mata pelajaran fisika, diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,3. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pada proses pembelajaran. Melalui penerapan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) disertai metode eksperimen diharap bisa mengatasi permasalahan di kelas X-E. Model pembelajaran ini selain membimbing siswa berpikir secara individu, juga melatih siswa untuk bekerja sama di dalam kelompok. Selain itu, penerapan metode eksperimen juga diharapkan dapat membuat siswa lebih aktif dan vii membantu mengembangkan keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar fisika selama menggunakan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) disertai metode eksperimen pada siswa kelas X-E MAN 1 Jember, (2) untuk mendeskripsikan aktivitas belajar fisika selama menggunakan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) disertai metode eksperimen pada siswa kelas X-E MAN 1 Jember, dan (3) untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses fisika setelah menggunakan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) disertai metode eksperimen pada siswa kelas X-E MAN 1 Jember. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-E MAN 1 Jember tahun ajaran 2012/2013. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 06 Oktober 2012 sampai dengan 18 Mei 2013. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru, aktivitas belajar siswa serta keterampilan proses siswa selama proses pembelajaran, dan hasil belajar berupa skor post test yang dilaksanakan pada akhir masing-masing siklus, serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Secara keseluruhan dari hasil observasi untuk aktivitas siswa telah mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Untuk keterampilan proses sains, penilaian dilakukan terhadap hasil lembar kerja yang diberikan selama kegiatan eksperimen dengan N-Gain 0.431 dan 0.574 . Untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0.30 dan N-Gain 0.35 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar, aktivitas, dan keterampilan proses pada masing-masing siklus secara keseluruhan mengalami peningkatan. Dari hasil di atas menunjukkan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) disertai metode eksperimen dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta dapat membantu mengembangkan keterampilan proses sains siswa dengan diterapkannya metode eksperimen dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102012;
dc.subjectTipe TPS (Think Pair Share)en_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DISERTAI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X-E MAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record