Show simple item record

dc.contributor.authorSyitaul Umaha
dc.date.accessioned2013-12-05T02:09:11Z
dc.date.available2013-12-05T02:09:11Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM090210102003
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4393
dc.description.abstractPada prinsipnya, fisika merupakan ilmu pengetahuan yang banyak memiliki hukum, teori, rumus, dan konsep yang abstrak. Tanpa penguasaan pengetahuan yang baik, maka pengajar fisika tidak akan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran fisika tidak hanya dituntut untuk dapat menggunakan model atau metode pembelajaran saja, tetapi guru juga dituntut untuk memberikan penilaian yang baik dan bersifat terbuka kepada siswa. Evaluasi pembelajaran yang sering digunakan adalah tes obyektif dan tes esai. Untuk penilaiannya meskipun tes obyektif dan tes esai tergolong tes yang mudah dilakukan namun demikian guru sering mengalami kesulitan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan berpikir kritis siswa pada materi yang dipelajari. Oleh karena itu, untuk mengetahui kemampuan berpikir siswa dalam menyerap pengetahuan diperlukan penilaian yang sesuai. Jenis penilaian ini adalah penilaian proyek. Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Instrumen penilaian proyek yang dikembangkan dalam bentuk IT Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: pertama, untuk menghasilkan instrumen penilaian proyek berbasis IT yang valid. Kedua, untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa setelah digunakan instrumen penilaian proyek berbasis IT. Ketiga, untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah digunakan instrumen penilaian proyek berbasis IT. vii Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang didesain dengan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Oleh karena pengembangan hanya sampai tahap 3, maka desain yang digunakan menjadi 3-D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X. E SMA Negeri 2 Tanggul. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling melalui analisis siswa yang merupakan salah satu tahapan dalam pengembangan perangkat pembelajaran model 3-D. Instrumen perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi logic dan instrumen penilaian proyek berbasis IT. Teknik perolehan data yang digunakan adalah penilaian langsung, observasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah data validasi logic, skor tugas proyek, serta skor pre-test dan post-test siswa. Hasil validasi logic untuk skor silabus sebesar 4,04; untuk skor Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kesimpulan yang diperoleh adalah instrumen penilaian proyek berbasis IT berkategori valid. Kemampuan berpikir kritis siswa setelah digunakan instrumen penilaian proyek berbasis IT tergolong baik dan hasil belajar siswa setelah digunakan instrumen penilaian proyek berbasis IT tergolong memiliki gain sedang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102003;
dc.subjectPerpindahan Kaloren_US
dc.titlePENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK BERBASIS IT PADA POKOK BAHASAN PERPINDAHAN KALOR DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record