Show simple item record

dc.contributor.authorRatna Megawati
dc.date.accessioned2013-12-05T02:06:31Z
dc.date.available2013-12-05T02:06:31Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM070210192033
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4387
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam (IPA) atau sains. Sains berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, berupa penemuan, penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkan pengetahuan di dalam kehidupan sehari-hari (Depdiknas, 2003:2). Fisika membahas keadaan benda-benda dalam alam serta bagaimana benda-benda tersebut berinteraksi satu dengan yang lainnya, sehingga yang dipelajari dalam fisika adalah materi, energy, dan interaksinya atau mempelajari kaidah dasar yang mengatur aspek kehidupan manusia (Sutrisno, 1986:1). Jadi, fisika tidak hanya berisi tentang teoriteori atau rumus-rumus untuk dihafal, akan tetapi dalam fisika berisi banyak konsep yang harus dipahami secara mendalam. Dengan demikian dalam pembelajaran, siswa dituntut untuk dapat membangun pengetahuannya sendiri dengan peran aktifnya dalam proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang diprediksi mampu mengatasi rendahnya motivasi, hasil belajar, dan aktivitas siswa adalah pembelajaran kooperatif, yaitu guru bertindak sebagai pembimbing dan fasilitator dalam mencapai tujuan pembelajaran. Beberapa ahli menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tidak hanya unggul membantu siswa untuk memahami konsep-konsep fisika, tetapi juga menumbuhkan kemampuan kerjasama, bertanggung jawab terhadap sesama teman kelompok untuk mencapai tujuan kelompok adalah Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan Metode ekperimen. vii Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan metode Eksperimen terhadap Hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas VII SMP Negeri 12 Jember dan (2) mengkaji pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan metode Eksperimen terhadap Aktivitas Belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas VII SMP Negeri 12 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 12 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas pada kelas VII. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Desain penelitian menggunakan desain post-test control design. Dalam penelitian ini terdapat satu kelas ekperimen yang menerima pembelajaran dengan model Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan metode Eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T Test program SPSS 16. Berdasarkan analisis data, secara umum dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan metode Eksperimen dan yang tidak menggunakan pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan metode Eksperimen kelas VII SMP Negeri 12 Jember. Secara khusus dapat disimpulkan: (1) model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan metode Eksperimen berpengaruh terhadap Hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas VII SMPN 12 Jember; (2) model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan metode Eksperimen berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas VII SMP Negeri 12 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192033;
dc.subjectSFAE (Student Facilitator And Explaining)en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 12 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record