Show simple item record

dc.contributor.authorPrimasari Nurarif
dc.date.accessioned2013-12-05T02:04:08Z
dc.date.available2013-12-05T02:04:08Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210102001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4382
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas X MAN 2 Jember kabupaten Jember, peneliti memperoleh informasi bahwa penilaian yang digunakan oleh guru dalam menilai kegiatan praktikum masih bersifat konvensional. Oleh karena itu, perlu dikembangkan perangkat eportofolio assessment (penilaian portofolio) untuk kegiatan praktikum. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan perangkat penilaian kegiatan praktikum pokok bahasan optika geometri yang memenuhi validitas logis, validitas empiris, dan reliabilitas. Perangkat e-portofolio assessment laporan praktikum pokok bahasan optika geometri dikembangkan menggunakan model pengembangan perangkat 4-D. Memahami keterbatasan peneliti dari aspek waktu dan biaya, maka penelitian pengembangan ini memodifikasi model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Instrumen perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi logis, lembar angket respon guru fisika, lembar penilaian LKS, dan laporan praktikum. Lembar validasi logis digunakan untuk memperoleh data hasil validasi dari validator (beberapa pakar) terhadap perangkat e-portofolio assessment. Lembar angket respon guru fisika digunakan untuk validasi empiris. Sedangkan lembar penilaian LKS dan laporan digunakan untuk reliabilitas. Perangkat penilaian yang akan digunakan dalam kegiatan praktikum fisika pada pokok bahasan optika geometri terdiri atas: (1) silabus; (2) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP); (3) Lembar Kerja Siswa (LKS); dan (4) program penilaian e-portofolio. vii Perangkat e-portofolio assesment fisika yang dinyatakan berkategori valid merupakan perangkat yang sudah melalui tahap validasi ahli (Logic). Validasi ahli pada penelitian ini terdiri dari 3 dosen program studi pendidikan fisika yaitu ibu Sri Wahyuni, S.Pd.,M.Pd., bapak Drs. Singgih Betiarso, M.Pd., dan bapak Drs. Maryani. Hasil validasi logis dikatakan valid apabila skor rata-ratanya ≥ 4. Hasil penilaian dari validasi logic perangkat e-portofolio assessment ini valid karena skor rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 4. Bahan ini layak digunakan untuk uji pengembangan di kelas. Validasi empiris perangkat e-portofolio assessment ini menggunakan skor rata-rata angket respon guru fisika kelas X di MAN 2 Jember. Pada penelitian ini, guru yang dimaksud yaitu bapak Syamsuri, S.Pd., bapak Heri Widodo, S.Pd.,M.M., dan ibu Titik Murniyatim, S.Pd. Rata-rata skor dari ketiga guru yaitu 50,33. Perhitungan tersebut membuktikan bahwa instrumen perangkat eportofolio assessment laporan praktikum ini termasuk kategori valid, karena ratarata skor respon guru fisika kelas X di MA lebih dari 50. Reliabilitas pada penelitian ini terdiri dari hasil penilaian LKS dan Laporan praktikum siswa kelas XC, XE, dan XI. Hasil perhitungan diketahui bahwa rata-rata penilaian LKS dan Laporan Praktikum dari kelas XC sebesar 70,3; kelas XE sebesar 70,1; dan kelas XI sebesar 70,4. Untuk mengetahui bahwa perangkat tersebut reliabel, maka uji reliabilitasnya menggunakan analisis OneWay ANOVA dengan SPSS 16. Hasil dari analisis yaitu diperoleh p = 0,992. Dengan demikian pada taraf nyata = 0,05 kita menerima Ho, sehingga kesimpulan yang didapatkan adalah tidak ada perbedaan yang bermakna rata-rata nilai berdasarkan ketiga kelas tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini ialah hasil dari validitas logis dan validitas empiris perangkat e-portofolio assessment dari para pakar dan guru fisika ini telah diyatakan valid. Dan hasil dari reliabilitas perangkat juga telah reliabel.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102001;
dc.subjectE-Portofolio Assesmenten_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT E-PORTOFOLIO ASSESSMENT LAPORAN PRAKTIKUM POKOK BAHASAN OPTIKA GEOMETRI DI MAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record